Minggu, 04 Mei 2014

Buletin BKM Mayasari Bulak Edisi 03

Description: https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTiYZsYMY0-A4WTUkWn5gv-63A8rwq-1_bOUgG2IW01mkZ0ADrVText Box: BKM MAYASARI
DESA BULAK KECAMATAN JATIBARANG,
INDRAMAYU
Jalan Raya Bulak 74 Telp (0234) 351025, Jatibarang 45273

                                                                                                                                                                                                                               


Text Box: Notaris No. 21, 7 Desember 2007
Text Box: Edesi nomor:03/BKM.MS/20-4-2014
 



Horizontal Scroll: MAYASARI MENGABARI                                                               



Flowchart: Data: Selintas Riwayat 




BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) awalnya Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) dilaksanakan sejak tahun 1999, dan pada tahun 2008 ini menjadi PNPM Mandiri Perkotaan merupakan program pemerintah yang berupaya memberdayakan masyarakat dan pelaku pembangunan lainnya, termasuk pemerintah pusat/daerah dan kelompok peduli. Tujuannya, untuk membangun gerakan masyarakat menjadi gerakan kemitraan dalam menanggulangi kemiskinan secara mandiri dan berkelanjutan.
BKM Mayasari Bulak yang dibentuk melalui perwakilan tiap RT pada tanggal 27 November 2007 untuk periode 2012 s.d. 2015 menghasilkan pengurus:Dewan Pengawas: Surata, H.Masyhuri, Saefudin; BKM: Sugiyono, S.Pd.I, M.Si., Jaenudin, Darma, Daklan, Drs. Saepudin,M.A., Heru Pamuji, Umelah, Hj. Rusmini, Tosin, S.Pd.I; UPK: Lilis Nurningsih, Nurhayati, Suniah; UPL: Suwarjo, Muktar, Wastini; dan UPS: Komarih, Warkiman, Muenah.  Saat ini BKM Mayasari masih dikoordinatori oleh Sugiyono, S.Pd.I, M.Si. Sekretariat yang digunakan oleh pengurus harian sebagai kantor BKM Mayasari adalah di kantor Kuwu Bulak yang beralamat di Jalan Raya 74 Bulak, Jatibarang.
Description: Foto
Selama beraktivitas, BKM Mayasari selalu dalam bimbingan dan berkoordinasi dengan faskel senior  Yadi Surgiwa; faskel bangunan Suwarjono dan Joni, dan faskel ekonomi Nunik F.
Visi dan misi yang dimiliki oleh BKM Mayasari seperti berikut.                                                       
Visi yang akan dituju:
Terwujudnya masyarakat madani yang maju mandiri dan sejahtera dalam lingkungan yang sehat, produktuf dan lestari di Desa Bulak.
Misi yang akan diemban:
Membangun masyarakat mandiri melalui penguatan kapital dan kepedulian sosial dengan menumbuhkan kembali prinsip-prinsip kemasyarakatan, nilai-nilai kemanusiaan, menggalang solidaritas serta kesatuan sosial sesama warga serta mampu menjalin kebersamaan dan sinergi dengan pemerintah maupun kelompok peduli dalam menanggulangi kemiskinan secara efektif dan mampu mewujudkan kondisi suatu lingkungan yang sehat, produktif dan lestari di Desa Bulak.
Horizontal Scroll: Kegiatan BLM i tahap 1 2013
Flowchart: Data: Penyenderan
 






                                                                                             
                Upaya penguatan dan kesetabilan badan gang di Desa Bulak, masyarakat Bulak berpartisifasi dalam bangunan fisik senderan dengan pemerintah Desa Bulak yang menggandeng BKM Mayasari melalui KSM Bulak Balik Bulak dalam bangunan tersebut. KSM tersebut dalam pelaksanaan bangunan senderan diketuai oleh Syahidin, Amron sebagai sekretaris, dan Turah sebagai bendahara..Pagu anggaran yang digunakan dalam senderan tersebut sebesar Rp 12.500,000,00 berasall dari BLM PNPM  dan Rp 4.636.000,00 berasal dari swadaya masyarakat setempat. Dengan pagu anggaran dan volume bangunan fisik sepanjang 115 m tersebut, BKM Mayasari membangun senderan menjadi tiga lokasi.
a.       Senderan I
Description: F:\FOTO PNPM BKM MAYASARI TH. 2014 Salip\3. REALISASI BLM TH. 2013\TAHAP I SENDERAN 115 DAN 2 UNIT RUTILAHU\SENDERAN 115\1. JALAN MDA 40M RT 01 RW 01\BALDES 100.jpgSenderan ke-1 berlokasi di gang belakang Balai Desa Bulak RT 01 RW 01 Blok Roma di  bawah wilayah Bapak Ketua RT Iip Iskandar. Senderan tersebut berukuran 41m x 0,30m x 0,75m dan telah diperiksa oleh faskel Zoni pada hari Kamis tanggal 17 Oktober 2013
Fungsi gang tersebut merupakan jalan utama digunakan untuk transportasi siswa SMA As Salam, Madrasah As salam, ziarah ke buyut Banjar, SDN Bulak 2, dan masyarakat umum sebagai aktivitas bekerja sebagai petani dan lainnya.

b.       Senderan II
Description: F:\DCIM\100PHOTO\SAM_0962.JPGLokasi senderan ke-2 berlokasi dekat rumah H. Sudar di RT 23 RW 06 Blok Sana di bawah pimpinan Ketua RT Tarkim. Ukuran yang telah dibangun senderan tersebut 36m x 0,30m x 1m dengan pagu anggaran dan pelaksana bangunan yang telah disebut di atas. Senderan tersebut telah diperiksa oleh faskel Zoni pada hari Kamis tanggal 14 November 2013. 
Fungsi gang tersebut digunakan sebagai jalan atau transportasi masyarakat setempat yang beraktivitas sebagai pekerja atau kebutuhan transportasi lain.

c.       Senderan III
Description: F:\FOTO PNPM BKM MAYASARI TH. 2014 Salip\REALISASI BLM TH. 2013\TAHAP I SENDERAN 115 DAN 2 UNIT RUTILAHU\SENDERAN 115\3. SALURAN POSKESDES RT 06 RW 02\POS 100.jpgLokasi senderan yang ke-3 di dekat  rumah H. Sodikin pada RT 06 RW 02 Blok Roma dibawah wilayah pimpinan Ketua Rt Wasji. Ukuran senderan ketiga tersebut 41m x 0,30m x 0,75m.. Pagu anggaran dan KSM sebagai pelaksana bangunan masih sama dilakukan seperti di atas.
Fungsi gang yang disender tersebut merupakan jalan yang digunakan sebagai transportasi utama petani maupun transportasi kendaraan umum desa.

Flowchart: Data: Rutilahu                                                                               

Rumah tidak layak huni (Rutilahu) kali ini BKM Mayasari Bulak mendapat bantuan dua rumah dari pemerintah melalui Program PNPM Mandiri Perkotaan tahun 2013, sebenarnya tiga rutilahu, namun baru dua yang cair. BKM Mayasari beserta masyarakat melalaui peran partisifasi masyarakat dalam pembangunan fisik rumah tidak layak huni melakukan diskusi. Berdasarkan Rencana Tahunan (Renta) untuk Rutilahu Desa Bulak menurut skala prioritas dan hasil penilaian fasilitator, bahwa Rutilahu tersebut jatuh pada kepala keluarga : Tarmini, dan Sutarih.
Setiap satu Kepala Keluarga rutilahu mendapat jatah anggaran dari pemerintah melalui program PNPM tersebut sebesar Rp 9.000.000,00 berasal dari BLM PNPM dan Rp 6.206.000,00 dari swadaya masyarakat.. Pagu anggaran sebesar tersebut diberikan kepada pemilik rumah dalam bentuk material dan pelaksanaan rehabilitasi rumah tersebut dilakukan oleh KSM Griya Layak yang diketuai oleh Komarih, Casbun sebagai sekretaris, dan Caswid sebagai bendahara.

a.    Rutilahu Tarmini
Description: F:\FOTO PNPM BKM MAYASARI TH. 2014 Salip\REALISASI BLM TH. 2013\TAHAP I SENDERAN 115 DAN 2 UNIT RUTILAHU\RUTILAHU 2 UNIT\TARMINI RT 01 RW 01\TARMINI 100.JPGRutilahu tersebut terletak di wilayah RT 01 RW 01 Blok Roma Desa Bulak di wilayah ketua RT Iip Iskandar. Lokasinya di sebelah barat  rumah Warso. Pemilik rumah tersebut Ibu Tarmini ( 65 tahun) seorang janda. Rumah berukuran 6x12m. Rutilahu direhabilitasi  oleh KSM Griya Layak pada tanggal  19 – 24 Februari 2014 yang dikomandani oleh Bapak Komarih,
ketua RT Kendali, dibantu oleh tukang Tarkim, dan lain-lain serta dibantu oleh warga setempat.

b.    Rutilahu Sutarih
Description: F:\FOTO PNPM BKM MAYASARI TH. 2014 Salip\REALISASI BLM TH. 2013\TAHAP I SENDERAN 115 DAN 2 UNIT RUTILAHU\RUTILAHU 2 UNIT\SUTARIH RT 25 RW 07\SUTARIH SAMPING 100.jpgRutilahu yang kedua rumah milik Ibu Sutarih ( 70 tahun) seorang janda pula terletak di wilayah RT 25 RW 07 Blok Kendali dekat rumah Bapak Komarih di wilayah ketua RT  Dasuki. Rutilahu berukuran 6x10 m. Rumah direhab sejak tanggal 7 – 12 Maret 2014. KSM yang menagani rutilahu ini adalah KSM Griya layak dibawah pimpinan Komarih.
Oval: Pelindung: Surata; Pimpinan Redaksi : Drs.Saepudin,M.A.
Editor: Sugiyono,S.Pd.I,M.Si;  Reporter: Salip
Distributor: Heru Pamuji, Komarih
Pembantu Umum: Darma, Jaenudin, Daklan
Selama rehab, tukang bangunan tersebut dibantu oleh  Suwarjo, Muktar dan dibantu pula oleh masyarakat setempat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar