DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN INDRAMAYU
UPTD PENDIDIKAN JATIBARANG
SMA NEGERI 1 JATIBARANG
Terakreditasi “A”
Jalan Ampera 100 ( (0234) 7008905
Jatibarang - INDRAMAYU 45273
SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS SEMESTER GENAP
SMA NEGERI 1 JATIBARANG
TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI (Sebelas) IPA/IPS
Hari/Tanggal : Senin, 3 Juni 2015
Waktu : 09.30 – 11.30
PETUNJUK UMUM
1.
Berdoalah sebelum Anda mengerjakan soal.
2.
Isikan identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban
yang tersedia sesuai petunjuk soal.
3.
Tersedia waktu 120 menit
untuk mengerjakan soal tersebut
4.
Jumlah soal sebanyak 40
pilihan ganda (PG), 5 esai
5.
Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda
menjawabnya.
6.
Laporkan kepada pengawas ujian apabila
terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
7.
Tidak diizinkan
menggunakan HP dan mencontek
8.
Mintalah kertas buram kalau diperlukan.
9.
Periksa pekerjaan Anda sebelum diserahkan
kepada pengawas ruangan
Lembar
soal dikembalikan kepada pengawas ruangan, dan tidak boleh dicorat-coret
A. PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Meringkas isi buku adalah kegiatan ....
a. menjelaskan b. membaca c. merangkum d.
mendengarkan e. menulis
2. Sebelum beraktivitas, biasakan dengan makan
pagi karena dengan makan pagi akan menciptakan semangat kita untuk melewati hari-hari
yang penuh dengan kegiatan dan tantangan. Dengan makan pagi yang penuh gizi
terlebih dahulu kita akan menjadi orang yang aktif, sehat, dan cerdas.
Inti dari
paragraf tersebut adalah ....
a. kandungan gizi dalam makan pagi
b. jenis-jenis makanan untuk makan pagi
c. makan pagi sangat mahal harganya
d. makan pagi sangat penting untuk mengawali
aktivitas
e. orang aktif, sehat,
dan cerdas
3. Meringkas buku
diperlukan untuk memahami ....
a. gagasan utama sebuah buku
b. latar belakang penulis buku
c. bahasa yang digunakan penulis
d. kesalahan yang terdapat dalam buku
e. memahami kalimat
penjelas
4. Jika kita akan
meringkas isi buku, hal-hal berikut ini harus kita lakukan, kecuali ....
a. mencatat judul buku yang akan kita
ringkas.
b. Membeli buku sebanyak mungkin.
c. Membaca buku yang akan diringkas.
d. Mencatat garis besar isinya dan
merangkainya menjadi sebuah ringkasan.
e. mendata ide pokok
5. Masker wajah memiliki
banyak fungsi sesuai dengan jenisnya. Masker lumpur dapat mengurangi lemak.
Masker coklat dapat melembabkan kulit wajah. Masker bengkuang menghilangkan
noda hitam dan membuat kulit wajah lebih berseri.Menggunakan masker wajah dapat
menghaluskan dan menyehatkan wajah. Gunakan secara teratur untuk hasil yang
maksimal. Pergunakan jenis masker sesuai dengan manfaat yang ingin kita
peroleh.
Rangkuman
bacaan tersebut adalah...
a. Masker membuat kulit wajah berseri.
b. Fungsi masker dan penggunaannya.
c. Gunakan masker sesuai dengan kulit.
d. Masker lumpur mengurangi lemak.
a. Masker membuat kulit wajah berseri.
b. Fungsi masker dan penggunaannya.
c. Gunakan masker sesuai dengan kulit.
d. Masker lumpur mengurangi lemak.
e. penggunaan masker pada wajah
6. Pemimpin adalah sosok
yang menjadi panutan. Dia akan menentukan merah hitamnya wilayah yang
dipimpinnya. Oleh karena itu, pemimpin yang baik sangat diperlukan.Seorang
pemimpin yang baik ditandai oleh dimilikinya jiwa kepemimpinan. Jiwa itu
diwujudkan dalam sikap bijaksana, jujur, mengayomi, rela berkorban, dan tanpa
pamrih.
Rangkuman
bacaan tersebut adalah ...
a. Keberadaan sosok pimpinan baik sangat diperlukan.
b. Pemimpin sebagai panutan harus memiliki jiwa kepemimpinan.
c. Pemimpin menentukan hitam merahnya wilayah yang dipimpin.
d. Jiwa pemimpin harus tampak dalam kehidupan sehari-hari.
b. Pemimpin sebagai panutan harus memiliki jiwa kepemimpinan.
c. Pemimpin menentukan hitam merahnya wilayah yang dipimpin.
d. Jiwa pemimpin harus tampak dalam kehidupan sehari-hari.
e. pemimpin yang bijaksana,
jujur, mengayomi, rela berkorban, dan tulus
7. Pria kelahiran Medan, 26 Juli 1922, ini seorang penyair legendaris
Indonesia yang karya-karyanya hidup dalam batin (digemari) sepanjang zaman.
Salah satu bukti keabadian karyanya, pada Jumat 8 Juni 2007, Chairil Anwar,
yang meninggal di Jakarta, 28 April 1949, masih dianugerahi penghargaan Dewan
Kesenian Bekasi (DKB) Award 2007 untuk kategori seniman sastra.
Chairil Anwal memang penyair besar
yang menginspirasi dan mengapresiasi upaya manusia meraih kemerdekaan, termasuk
perjuangan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan. Hal ini,
antara lain tercermin dari sajaknya bertajuk: Krawang-Bekasi, yang
disadurnya dari sajak The Young Dead Soldiers, karya Archibald
MacLeish(1948).Dia juga menulis sajak Persetujuan dengan Bung Karno,
yang merefleksikan dukungannya pada Bung Karno untuk terus mempertahankan
Proklamasi 17 Agustus 1945.Sajaknya yang berjudul Aku dan Diponegoro banyak
diapresiasi orang sebagai sajak perjuangan. Kata Aku binatang jalang dalam
sajak Aku, diapresiasi sebagai dorongan kata hati rakyat Indonesia untuk
bebas merdeka.
Hal yang menarik pada diri tokoh Chairil Anwar adalah
...
a. Karya-karyanya digemari masyarakat sepanjang zaman.
b. Mendapat penghargaan meski Chairil sudah lama meninggal.
c. Karyanya menginspirasi rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan.
d. Menulis sajak untuk merefleksikan dukungannya pada Presiden RI.
e. Banyak menyadur dan menerjemahkan karya-karya bahasa asing.
b. Mendapat penghargaan meski Chairil sudah lama meninggal.
c. Karyanya menginspirasi rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan.
d. Menulis sajak untuk merefleksikan dukungannya pada Presiden RI.
e. Banyak menyadur dan menerjemahkan karya-karya bahasa asing.
8. Bambang Pamungkas
adalah sosok striker nomor satu di timnas. Ia menekuni profesi sebagai pesepakbola
memang sedari kecil. Ia bukan dari keluarga yang berkecukupan, namun karena
kegigihannya berlatih, sekarang ia menjadi tulang punggung di garis depan tim
sepakbola Indonesia.
Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam kutipan
biografi tersebut adalah . . .
a.Menekuni profesi sebagai artis iklan
b.Menekuni profesi dengan giat berlatih
c.Menekuni profesi sebagai pesepakbola
d.Menjadi striker utama di timnas
e.Mengorbankan keluarga untuk meniti karir
9. Setiap sisi kehidupan dari tokoh besar selalu menarik untuk diketahui dan
disimak karena di dalamnya mengandung banyak hikmah yang bisa dijadikan teladan
atau pelajaran bagi orang lain untuk peningkatan kualitas diri. Demikian juga
dengan sosok negarawan yang dikenal sebagai salah satu Bapak Proklamator
Indonesia ini.
Tokoh yang
diceritakan dalam penggalan riwayat tokoh tersebut adalah . . .
a. SBY b.Budi Hartono c.Yusuf Kalla d. Amien Rais
e.Mohammad Hatta
10. Purbaningsih DEA lahir di Gunung Kidul, 28 Februari 1961. Dia telah
dikaruniai tiga orang putra. Susiani menempuh pendidikan S-3 di Universitas
Montpellier II Perancis tahun 1992. Istri dari M. Syamsa Ardisasmita ini, aktif
menyumbangkan keahlian budidaya anggrek secara tradisional maupun teknik
kloning kepada petani tanaman hias, menggunakan laboratorium pribadi di
rumahnya.
Kutipan biografi di atas menonjolkan Dr. Susiani unsur
. . .
a. Biodata tokoh
b. Keunikan tokoh
c. Pendidikan tokoh
d. Pekerjaan tokoh
e. Keluarga tokoh
11. Berikut ini yang bukan merupakan kegiatan dalam
meresensi buku adalah ....
a. menimbang isi b. merujuk c. Membahas d. Mengkritik e. mengungkapkan kembali
12. Berikut yang merupakan kalimat yang mengungkapkan kelemahan buku
adalah ....
a. Kekuatan novel ini tidak
hanya terletak pada realitas hidup tokoh Onga yang sulit diduga.
b.Tidak berlebihan pula jika dikatakan bahwa buku
ini sangat baik bila dibaca oleh orang yang terusik dengan ulah tamunya.
c. Kemunculan buku ini telah memperkaya khasanah literatural bisnis
khususnyabagi penguasa konglomerat.
d. Mochtar Lubis
memperlihatkan sikap jiwa yang ditemukan pada diri orang-orang di masa perang
melalui tokoh Hazil dan Guru Iza.
e. Novel ini termasuk novel
serius yang tidak cukup menghibur seperti halnya dalam novel pop
13. Berikut ini yang tidak termasuk
langkah-langkah menulis resensi adalah ....
a. menentukan
jenis buku yang akan diresensi d. menaksir harga buku
b.
menentukan bagian yang menarik dari buku e. menilai
isi buku
c. menyusun
ikhtisar cerita dalam buku
14. Perhatikan penggalan resensi berikut!
Novel karya Armijn Pane dengan tebal 150 halaman
ini mempunyai sejarah yang menggemparkan. Cerita ini pernah ditolak oleh Balai Pustaka, ramai
dipuji dan dicela. Akan tetapi, akhirnya tak urung menjadi salah satu novel
klasik modern Indonesia yang harus dibaca oleh orang terpelajar Indonesia.
Kalimat resensi yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah ....
a. Identitas buku adalah karya Armijn Pane dan tebal
150 halaman
b. Dia seorang pengarang yang sering mendapat
penghargaan
c. Buku ini sangat baik dibaca oleh pelajar Indonesia
d. Novel ini menceritakan cerita klasik Indonesia,
tetapi modern
e. Keunggulan buku ini terlihat dalam bahasa dan cara
penyajian cerita
15. Perhatikan penggalan resensi berikut
ini!
Karya Supernova adalah sebuah imajinatif.
Sungguh tidak lazim bagi dunia sastra Indonesia. Ditulis dengan gaya pop,
tetapi sarat dengan problema filsafat dan teori-teori ilmiah. Baru kali ini
dalam sastra Indonesia, seorang penulis mampu mengartikulasikan labirin
kehidupan kontemporer secara eksperimentatif dengan gaya yang hampir science
fiction.
Dalam kutipan tersebut hal yang
diresensi adalah ....
a. kepengarangan
b. kesimpulan terhadap buku
c. kekurangan dan keunggulan buku
d. gaya penulisan cerita
e. bahasa pengarang dalam buku
16. Ronggeng Dukuh Paruk berkisah tentang
kehidupan seorang ronggeng, Srintil, yang tinggal di sebuah desa kecil bernama
Dukuh Paruk. Di tempat inilah Srintil salah satu penghuni dari penduduk Dukuh
Paruk yang menempati 23 rumah. Srintil seorang anak yatim. Ayah dan Ibunya
bersama penduduk lainnya meninggal karena keracunan tempe bongkrek saat Srintil
masih bayi.
Hal yang dibahas dalam penggalan resensi di atas
adalah ....
a.keunggulan buku b.kepengarangan c.bahasa d. isi buku e. kelemahan buku
17. Perhatikan resensi berikut ini!
Secara garis besar, komik Alsa bukanlah komik yang benar-benar wajib dibaca
walaupun menawarkan cerita sains fiksi yang jarang ada pada komik Indonesia.
Meskipun memiliki banyak kekurangan, patut diakui bahwa usaha Onnie untuk
menciptakan komik sains fiksi tergolong bagus, hanya saja eksekusinya yang
kurang optimal.
Hal yang diungkapkan dalam penggalan resensi
tersebut adalah ...
a. uraian materi b. Kepengarangan c. ikstisar buku d. Simpulan e. kelemahan dan kelebihan buku
Notulen Rapat
............
Pukul : 10.00 WIB
Tempat : Jalan Haur Kuning
Nomor 45 Tasikmalaya
Daftar hadir : 56 orang (terlampir)
18. Titik-titik pada notulen di
atas seharusnya diisi dengan ....
a. acara b. daftar isi c. hari, tanggal d. catatan notula e. hasil rapat
19. Hal-hal yang perlu
dicantumkan dalam notula rapat, kecuali ...
a. Waktu, tempat diadakannya rapat
b. Topik pembicaraan
c. Perincian biaya rapat
d. Urutan acara rapat
e. Tanda tangan sekretaris dan ketua
20. Fungsi utama notula adalah ...
a. Mencatat pembicaraan
dalam rapat
b. Mendokumentasi rumusan hasil pertemuan
c. Melengkapi kegiatan panitia penyelenggara
d. Memenuhi mata acara pertemuan
e. Memenuhi formalitas suatu pertemuan
21. Rapat telah berjalan dengan lancar dan tertib.
Semua peserta rapat mengikuti rapat secara aktif sampai selesai. Keputusan
final yang diharapkan pun telah disepakati bersama.
Keterangan di atas merupakan bagian
dari notula rapat, yaitu ….
a. tujuan rapat b. keputusan rapat c. materi rapat d. pelaksanaan rapat e.
jalannya rapat
22. Yang menulis notula
rapat disebut ….
a. Notulis b. Anggota diskusi c. Ketua diskusi d. Peserta diskusi e. Pemimpin diskusi
a. Notulis b. Anggota diskusi c. Ketua diskusi d. Peserta diskusi e. Pemimpin diskusi
23. Suatu bagian dari susunan notulen yang isinya
berupa hal-hal yang dianggap penting dalam
kegiatan diskusi disebut ….
a. Isi
notula c. Penutup notula e.
Penandatanganan
b. Pembuka notula d. Kepala notula
b. Pembuka notula d. Kepala notula
24. Dalam
perpisahan ada orang yang akan menyampaikan sambutan, yaitu ketua mewakili
siswa, salah seorang guru/karyawan, dan kepala sekolah.
Urutan yang baik dalam penyampaian sambutan adalah ...
a. guru, kepala
sekolah, murid, karyawan
b. kepala sekolah, guru, ketua OSIS
c. kepala sekolah, ketua OSIS, guru
d. ketua OSIS, guru, kepala sekolah
e. ketua OSIS, kepala sekolah, guru
25. Moderator menyatakan persetujuan diskusi diskors atas usul salah satu
peserta rapat akibat tidak adanya kesepakatan pendapat dalam rapat.
Kalimat persetujuan yang tidak tepat diucapkan
moderator adalah ...
a. baik, usul itu tepat sekali.
b. Boleh, hal itu dapat menyegarkan pikiran.
c. Usul itu sangat membantu untuk mengurangi kejenuhan
d. Baik, semoga usul itu mendapat dukungan dari
peserta yang lain
e. Baik, setelah menemukan jalan keluar, usul ini kita
laksanakan.
26. Fungsi membaca cepat , kecuali ….
a. membaca buku pelajaran c. memilih buku di perpustakaan e. membeli buku di toko buku
b. membaca harian d. membaca teks di layar televisi
27. Mang Alan, penjaga SMAN I Jatibarang, membaca Koran
sejumlah 449 kata dengan waktu 83 detik.
Dia menjawab pertanyaan dari Koran hanya salah 1 dari 5
soal.
Berapa KPM kecepatan baca Mang Alan itu?
a. 324 b. 325 c.
326 d.327 e.328
28. Berapa persentase pemahaman Mang alan?
a. 8 % b. 80 % c.
0, 8 % d. 0, 80 % e. 88 %
29. Jadi, kecepatan efektif membaca
(KEM) Mang
Alan tersebut adalah ….
a. 258 b. 259 c.
260 d. 206 e. 295
30. Kategori jenjang sekolah Mang Alan tersebut adalah ….
a. SD / SMP b.
SMA c. Mahasiswa d.
Pasca Sarjana e. Dewasa
31. Hal-hal yang dikemukakan berkenaan dengan latar belakang masalah, tujuan
penulisan, dan rumusan masalah, merupakan
bagian dari karya ilmiah yang dituangkan atau ditempatkan pada bagian….
a. Pendahuluan b. Pembahasan c.
Kesimpulan d.
Saran-saran e.
Penutup
32. (1) Judul Buku Komposisi (3)
Penerbit Nusa Indah (5) Tahun 1980
(2) Penyusun Keraf,
Gorys (4) Kota Ende, Flores
Jika data buku tersebut ditulis ke dalam daftar
pustaka, yang benar urutannya sesuai EYD adalah ....
a. (5), (4),
(3), (2),
(1) c.
(4), (1), (2), (3),
(5) e.
(2), (5), (1), (4), (3)
b. (1), (3),
(4), (2),
(5) d.
(1), (3), (2), (5), (4)
33. Latar belakang masalah penelitian mengandung uraian yang menjelaskan……
a. Judul
penelitian c. Masalah penelitian e. Hasil penelitian
b. Alasan pemilihan
masalah d. Kesimpulan hasil penelitian
34. Penulis menyadari bahwa karya tulis ini jauh
dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak.
Bagian karya tulis di atas terdapat pada…
a. Saran b. Kata pengantar c. metode d. pembahasan e. pendahuluan
35.
Tema karya tulis : Maraknya Kenakalan remaja di Kota Besar
Kalamat latar
belakang yang sesuai dengan tema tersebut adalah....
a.Dewasa
ini sering diberitakan di surat kabar atau di televisi bahwa remaja di
kota-kota besar sering melakukan kenakalan.
b.Kesibukan
orang tua sering dikambinghitamkan oleh remaja sehingga mereka dapat
melampiaskan kenakalannya.
c.Tanpa
disangka kenakalan remaja di kota-kota besar sangat mudah melakukan kejahatan
d.Kewaspadaan
orang tuauntuk memantau perkembangan perilaku anak-anaknya sangat diperlukan agar mereka tidak
terjerumus.
e.Berkali-kali
remaja yang sama melakukan pelanggaran sama, tetapi tidak menyebabkan mereka
jera, sekalipun dipenjara.
Perhatikan teks drama
berikut!
Tina : “Tuhan
menakdirkan semua nasib manusia, kita hanya menjalani.”
Ibu :
“Nah, pikiran begitu itu yang tak ku sukai,
kau sudah ditakdirkan punya suami buta, tak Adakah niatmu, tidak adakah
usahamuuntuk mengubah takdir itu? Sebab takdir itu Baru jatuh setelah
manusia berusaha. Tina, kau bukan anakku jika kau tidak berani melawan
takdir yang pahit.”
Tina : “Aku
sudah berusaha, Abas juga sudah berusaha, dan inilah hasilnya. Dan kami
dapat Membelanjai diro untuk hidup sehari-hari.”
Ibu : “….”
36. Konflik yang
terjadi antara tokoh Tina dan Ibu adalah ….
a.
pasrah menjalani
takdir c.
pandangan mengenai takdir. e. perbedaan
takdir manusia
b.
nasib merupakan
takdir d. usaha
melawan takdir
37.
Watak Tina dalam kutipan di atas adalah ….
a.
Penyayang b. Penyabar c. Pemarah d. Pemaaf e. pendendam
38. Intan :
Engkau pengarang?
Gandhi : (terkejut) mengapa? …(mengeluh) Ah engkau juga.
Intan : … sedikit diserang kritik orang, engkau hendak
melarikan diri. Untuk menjaga nama
supaya jangan merosot. Aku sudah maklum.
Gandh : (sambil
menunjuk ke kanan). Pergi dariku. Kau pun boleh memusuhiku. Untuk cita-cita,
aku bersedia mengorbankan segalanya.
Unsur intrinsik yang paling menonjol dalam penggalan drama di atas adalah….
a. Latar b.Tema c. Alur d.
Sudut pandang e. Perwatakan
39. Romeo: Petunjuk cinta yang gaib telah mempersatukan
aku kehadapanmu.
Dan untuk cinta yang ku dapatkan akan ku taruhkan segalanya. Tapi…..
Aku seorang
Montague…..
Juliet : Dan aku seorang Capulet. Mengapa kita punya
nama? Biarlah aku menjadi
bukan Capulet dan kau bukan Montague, Romeo!
Tema yang
tersirat dari penggalam drama diatas adalah…..
a. Kepercayaan c. Persahabatan e. Permusuhan
b. Percintaan d. Pertentangan
keluarga
40. Drama
yang isinya mengisahkan tokoh yang mengharukan atau menyedihkan termasuk drama
….
a. komedi b. Pantomime c. Tragedy d. Sandiwara e. Opera
B. JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI!
41. Secara umum apa tujuan membaca?
42. Apa perbedaan gestur dengan ekspresi?
43. Berikan contoh karya ilmiah!
44. Nilai apa saja yang terdapat pada cerpen?
45. Susunlah sebuah kalimat fakta!
C.
Mengarang
Susunlah autobiografi pada lembar kertas yang tersedia
berisi tokoh yang menarik dan diteladani !
*** s@e ***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar