DINAS PENDIDIKAN
UPTD PENDIDIKAN JATIBARANG
SMA NEGERI 1 JATIBARANG
Terakreditasi “A”
Jalan Ampera 100 Jatibarang
45273, Indramayu ( (0234) 7008905
LEMBAR SOAL
ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS)
GASAL
TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia Hari/Tanggal : Sabtu, 6 Desember 2014
Kelas/Program:
XII (Duabelas)/IPA Waktu : 07.30 – 09.30
PETUNJUK UMUM
1.
Berdoalah
sebelum Anda mengerjakan soal.
2.
Isikan
identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban yang tersedia sesuai petunjuk soal.
3.
Tersedia
waktu 120 menit untuk mengerjakan soal tersebut
4.
Jumlah
soal sebanyak 50 pilihan ganda (PG)
5.
Periksa
dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya.
6.
Laporkan
kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak,
atau tidak lengkap.
7.
Tidak
diizinkan menggunakan HP dan mencontek
8.
Periksa
pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ruangan
Pilihlah
satu jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D,
atau E!
Bacalah teks berikut
dengan saksama untuk mengerjakan soal nomor 1-3!
(1)setelah kalah
ketiga kalinya secara beruntun langkah Indonesia semakin berat, bahkan hampir
mustahil lolos ke babak berikutnya. (2) Kali ini Indonesia kalah dari Qatar 2-3
pada lanjutan kualifikasi piala dunia 2014 Grup E, Zona asia di Stadion Utama
Gelora Bung Karno Jakarta. (3) Kekalahan itu membuat tim “Merah Putih” semakin
terpuruk di dasar klasemen sementara dengan nilai nol. (4) Namun, tim asuhan pelatih Wim Rijsbergen
itu masih mempunyai peluang pada tiga laga berikutnya. (5) Diharapkan Indonesia
dapat memenangi tiga laga berikutnya.
1.
Ide pokok artikel di atas adalah ....
A. Langkah Indonesia Semakin berat.
B. Indonesia Kalah dari Qatar.
C. Team “Merah Putih” hanya mendapat nolai
nol.
D. Team Masih mempunyai peluang.
E. Indonesia dapat memenangi tiga laga
terakhir.
2.
Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat ....
A.
(1) B. (2) C.
(3) D. (4) E. (5)
3.
Fakta dalam paragraf tersebut terletak pada kalimat ....
A. (1) dan (2) B. (2) dan (3) C. (3) dan (4) D.
(4) dan (5) E. (5) dan (1)
4.
Kekalahan itu membuat tim “Merah Putih” semakin terpuruk di dasar klasemen
sementara dengan nilai nol.
Makna istilah yang
bercetak miring pada kalimat di atas adalah...
A.
Terbenam B. Terjatuh
C. Terhanyut D.Ternganga E Terperosok
5.
Bacalah Dengan saksama paragraf berikut!
(1) Biodiesel merupakan salah satu sumber
energi alternatif yang dapat di perbaharui (renewable).
(2) Selain itu, mempunyai beberapa keunggulan dari segi lingkungan apabila
dibandingkan dengan petrolieum diesel
(solar). (3) Indonesia perlu mulai mengembangkan biodiesel mengingat bahan
bakunya berlimpah dan kenyataan bahwa produksi minyak bumi di indonesia sudah
mulai menurun. (4) Secara kimia, biodiesel termasuk dalam golongan mono alkil ester atau metal ester. (5) pada awalnya,
perum bulog berniat untuk tidak mengandalkan pengadaan stok melalui impor.
Kalimat penjelas yang tidak mendukung ide
pokok dalam paragraf tersebut adalah ...
A.
Kalimat
1 B.Kalimat 2 C.Kalimat 3 D. Kalimat 4 E.
Kalimat 5
6.
Bacalah paragraf berikut!
Masalah
kependudukan dengan berbagai masalahnya yang terabaikan selama delapan tahun
belakangan ini, Akibatnya banyak persoalan kependudukan yang tidak mendapat
penanganan serius bahkan cenderung tersisihkan. Padahal kependudukan dengan
berbagai problem yang menyertainya sangatlah kompleks. Karena itu, Mengabaikan
Masalah kependudukan akan mendatangkan gejolak.
Isi yang di bahas dalam penggalan artikel
tersebut adalah ....
A.
Mengabaikan
masalah kependudukan akan menimbulkan gejolak
B.
Masalah
kependudukan dengan berbagai permasalahan.
C.
Masalah
kependudukan belakangan ini yang cenderung tersisihkan.
D.
Persoalan
kependudukan tidak mendapatkan penanganan serius.
E.
Persoalan
kependudukan delapan tahun belakangan ini sangat kompleks.
7.
Cermati paragraf berikut ini!
(1) Tenaga Kerja Adalah merupakan modal bagi
geraknya roda pembangunan. (2) Jumlah dan komposisi daripada tenaga kerja akan
terus mengalami perubahan seiring dengan berlangsungnya proses demografi. (3) Bagan
dari tenaga kerja yang aktif disebut angkatan kerja. (4) tingkat partisipasi
angkatan kerja merupakan ukuran yang menggambarkan jumlah angkatan kerja. (5)
Peningkatan jumlah daripada angkatan kerja dipengaruhi membaik nya mutu sumber
daya manusia.
Kalimat tidak efektif yang terdapat dalam
paragraf di atas adalah kalimat ....
A.
(1),
(2), (4) B.(1), (2), (5) C.(1), (3), (5) D.
(2), (4), (5) E. (2), (3),
(5)
8.
(1) Kalau sudah dingin, kedelai diremas-remas hingga kulitnya terlepas.
(2) Selanjutnya Kedelai itu dibungkusi
dengan daun pisang atau plastik didiamkan selama 2-3hari
(3) Kedelai Yang Sudah terkelupas ditaburi
ragi dan diaduk hingga merata
(4) Kedelai disortir dengan cara dimasukkan
kedalam air. Dengan cara ini kedelai yang berisi akan tenggelam, dan kedelai
yang kosong akan terapung
(5) Kalau tidak ada ragi, aduklah kedelai
tadi dengan bekas pembungkus tempe yang ada sisa jamurnya
(6)
Selanjutnya kedelai yang bagus direbus hingga matang lalu ditiriskan hingga
tuntas dan dingin
Urutan Kalimat yang tepat untuk Menjelaskan
Proses pembuatan tempe ialah....
A.
(4)-(6)-(3)-(1)-(5)-(2) D. (4)-(6)-(1)-(3)-(2)-(5)
B.
(4)-(6)-(5)-(3)-(1)-(2) E.
(4)-(2)-(1)-(3)-(5)-(6)
C.
(4)-(6)-(1)-(3)-(5)-(2)
9.
Seorang penyaji menyampaikan makalah dengan topik “Dampak Globalisasi terhadap
Pertumbuhan Ekonomi Negara-negara Berkembang”. Selain pengaruh negatif juga
disampaikan pengaruh-pengaruh positif yang disampaikan penyaji.
Kalimat penolakan yang santun sesuai topik
diatas adalah...
A.
Saudara
moderator, pendapat tersebut perlu ditinjau
kembali karena kenyataannya pengaruh positif globalisasi sulit dibuktikan.
B.
Saudara
moderator sata tidak bisa menerima pendapat tesebut karena masih perlu
dilengkapi data yang lain.
C.
Saudara
moderator saya menolak pendapat tersebut karena tidak didukung data yang cukup
D.
Saudara
moderator, saya tidak sependapat karena tidak sesuai dengan kenyataan
E.
Saudara
moderator, saya tidak menyetujui
pendapat tersebut karena sulit dimengerti
10.
Perbanyakan tanaman dengan sambung pucuk dilakukan terhadap bibit semai dan
biji sebesar pensil. Bibit dari sambung pucuk ini bertujuan mempertahankan
sifat tanaman yang mempunyai potensi produksi tinggi. Dalam penyambungan
diperlukan batang bawah yang berasal dari bibit semai, sedangkan batang atas
berasal dari tunas yang telah cukup umurnya (tidak terlalu tua tidak terlalu
muda). Batang Atas yang baik dipakai adalah ruas kedua sampai dengan ruas keempat
karena ruas kesatu masih terlalu muda dan ruas yang lebih tua sudah keras dan
berkayu.
Isi yang terdapat
dalam penggalan laporan tersebut adalah ...
A.
Syarat
memilih bibit yang baik
B.
Cara
cara memilih bibit yang baik
C.
Hal-hal
Yang perlu diperhatukan dalam memilih bibit
D.
Proses
perbanyakan tanaman dengan sambung pucuk
E.
Tujuan
pemilihan bibit dari sambung pucuk
11.
Penulisan judul laporan kegiatan yang
paling tepat adalah....
A. Laporan hasil sensus di desa sukajaya,
raja desa, kab. Suka raja
B. Hasil Budidaya Lele dumbo, dari desa
kecil rogobangsan
C. Percobaan Pembiakan Pohon Anggur
dengan sistem cangkok
D. Pembudidayaan lahan pekarangan dengan
tanaman obat
E. Kegiatan Remaja Kecamatan Kalasan
dalam mengisi Liburan di Sekolah
12.
Kalimat sanggahan yang tepat adalah ....
A. Saudara penyaji, pendapat saudara
tentang tidak akan tercapainya pemerataan bahasa Indonesia karena
terpeliharanya bahasa daerah kurang di masyarakatkan asalkan kita mau
menggunakannya sebagai sarana komunikasi
B. Saudara penyaji mengemukakan bahwa
bahasa daerah jika terpelihara dapat mengganggu tercapainya pemerataan bahasa Indonesia
itu memang tepat karena akhirnya bahasa Indonesia bisa tersisihkan
C. Pemasyarakatan bahasa Indonesia bisa saja
tercapai asalkan kita semua mau menyebarkan dan memeliharanya dengan baik, baik
di sekolah maupun di rumah
D. Saudara penyaji, Pendapat saudara
tentang pemasyarakatan bahasa Indonesia yang sulit dicapai bukan karena banyaknya
bahasa daerah, Melainkan tingginya pengguna bahasa daerah. Terima kasih
E. Menurut saya bahasa daerah itu tidak
perlu diperlihara karena sudah ada yang otomatis memakainya sehingga otomatis
pemakainya itulah yang langsung akan memeliharanya. Demikian Penyaji
13. Pengungkapan gagasan yang sesuai dengan
santun diskusi adalah
A. Saudara penyaji, pendapat saudara
salah sekali bahwa pelaksanaan 5 K itu cukup dilaksanakan bila perlu
B. Menurut pendapat saya, bahwa
pelaksanaan 5 K itu wajib bagi setiap siswa, pendapat lain semua salah
C. pendapat saudara tentu sangat
menyinggung perasaan saya. Oleh karena itu, saya minta bukti bahwa 5 K tidak
ada gunanya
D. Saudara penyaji, Pendapat saudara
memang dapat dipahami bahwa 5 K harus dilaksanakan dimana saja kita berada. Namun,
harus di sesuaikan dengan situasi dan kondisi
E. Saudara tidak benar memaksakan
pendapat Sendiri, bahwa pelaksanaan 5K sangat bergantung kepada orangnya
14. Seseorang ketua OSIS ditugasi untuk
memberikan sambutan dalam acara perpisahan kelas XII.
Kalimat pembuka pidato yang tepat adalah ....
A.
Terima
Kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya saat ini berdiri di sini
untuk menyampaikan sepatah dua patah kata.
B.
Salam
jumpa saya ucapkan kepada hadirin sekalian, kita berjumpa lagi dalam acara yang
sama
C.
Puji
syukur kita panjatkan kehadirat tuhan karena berkat rahmat dan karuniaNya kita
dapat berkumpul disini untuk melaksanakan acara perpisahan ini
D.
Terima
kasih atas waktu dan tempat yang telah disediakan untuk saya menyampaikan
sambutan dalam acara perpisahan kelas tiga ini
E.
Terima
kasih atas waktu, tempat serta kesempatan yang baik ini, kita hari ini
mengadakan perpisahan
15.
Saudara-Saudara yang saya hormati, Lingkungan sekolah yang bersih dan indah
benar-benar sangat kita butuhkan. Karena hal ini akan membuat kita senang dan
betah berada di sekolah. Dengan demikian, kita pun akan mudah menerima ilmu
yang di berikan guru. Oleh karena itu,....
Kalimat persuasi yang tepat untuk melengkapi
pidato tersebut adalah kalimat berikut, kecuali ...
A.
Marilah
kita selalu menjaga lingkungan sekolah dengan baik.
B.
Hendaklah
Kita menjaga kebersihan dan keindahan sekolah kita.
C.
Sudah
seharusnyalah kita menjaga lingkungan sekolah kita.
D.
Menjaga
linkungan sekolah sangatlah bermanfaat.
E.
Ayo
kita jaga kebersihan dan keindahan sekolah kita.
16.
Kalimat sambutan :
“Kami,Mohon maaf apabila pengarahan kami
tidak memuaskan. Terus terang saja kami sebenarnya belum menguasai materi yang
kami sajikan ini, karena kami diminta memberikan pengarahan ini secara mendadak
sehingga kurang persiapan. Di samping itu, pengetahuan kami di bidang ini
memang kurang, hal ini disebabkan oleh pendidikan kami yang minim. Sekali lagi
kami mohon maaf.”
Komentator yang tepat dari penggalan teks
pidato di atas adalah...
A.
Pemberi
pidato cukup bagus karena beliau berterus terang apa adanya.
B.
Pemberi
pidato cukup bagus karena bersikap konsekuen.
C.
Sikap
pemberi pidato dalam sambutannya cukup jantan.
D.
Sikap
yang ditunjukkan pemberi pidato kurang bagus, karena terlalu jujur.
E.
Sikap
yang ditunjukan pemberi pidato kurang bagus, karena dirinya terlalu merendahkan
diri
17.
Minimnya lapangan kerja dan tambahanya kantong–kantong kemisikinan baru membuat
masyarakat tak mampu membeli kebutuhan paling dasar, yakni makanan bergizi.
Setiap hari, sebagian masyarakat mengosumsi nasi aking. Akibatnya, malapetaka
gizi buruk dan busung lapar mengintai kehidupan mereka. Pada akhirnya akan
menghasilkan permasalahan yang lebih besar, yakni akan menjadi generasi yang
hilang dimasa mendatang. Bangsa ini tak lama lagi akan menjadi bangsa yand
idiot,tidak cerdas,mudah didikte, dan diperalat oleh bangsa asing.
Hal yang dipermasalahkan dalam paragraf di
atas adalah ....
A.
Wilayah-wilayah
miskin terus bertambah
B.
Jumlah
lapangan kerja terbatas.
C.
Ketidakmampuan
masyarakat membeli makanan.
D.
Ancaman
gizi buruk dan busung lapar.
E.
Kekhawatiran
akan muncul generasi yang hilang di masa mendatang
18.
Inti permasalahan yang di sampaikan pada paragraf di atas adalah tentang ...
A. generasi yang hilang
B. bahaya busung lapar dan gizi buruk
C. munculnya anak-anak yang tidak cerdas
D. kekhawatiran munculnya kasus gizi
buruk dan busung lapar
E. Keterbatasan lapangan kerja dan
bertambahnya kantong kemiskinan
19.
Kiat menghemat biaya transport di Jepang adalah menggunakan jasa bus kota.
Kenyataan ini terjadi karena tarif taksi relatif mahal. Bus kota selalu keluar
dari eki (terminal) sesuai jadwal. Kedatangannya pun hampir selalu tepat waktu.
Papan jadwal waktu kedatangan bus terpasang di
bagian depan jalur eki dan setiap
halte. Bus pun tidak terhenti di sembarangan tempat. Penumpang hanya diizinkan
naik dan turun di tempat pemberhentian tersebut.
Masalah yang disoroti dalam paragraf tersebut
adalah...
A.
Kiat
menghemat biaya transport di jepang.
B.
Bus
kota selalu keluar eki (terminal)
sesuai jadwal.
C.
Kedisiplinan
bus kota di jepang sebagai alat transportasi
D.
Bus
tidak berhenti di sembarangan tempat karena halte sudah tersedia.
E.
Penumpang
hanya diizinkan naik dan turun di tempat pemberhentian tersebut.
20.
Berakit-rakit ke hulu
Berenang-renang ke tepian
Bersakit-sakit dahulu
Bersenang-senang kemudian
Puisi di atas di sebut pantun ditandai
dengan....
A.
Berisi
nasihat D.
Adanya sampiran dan isi
B.
Menggunakan
bahasa melayu E. Susunanya
berpola
C.
Memiliki
persamaan rima setiap baitnya
21. Anak
ayam turun tujuh
Mati satu tinggal enam
Bila kita banyak mengeluh
Melihat dunia menjadi suram
Anak ayam turun enam
Mati satu tinggal lima
Jika dunia menjadi suram
Minta petunjuk
kepada ulama
Berdasarkan larik-larik pantun di atas,
nilai hidup yang tersirat adalah.....
A.
Sebuah
pengharapan D. Sebuah nasihat
B.
Sebuah
pengalaman E. Sebuah doa
C.
Sebuah
pengakuan
22.
Bacalah pantun berikut!
Kemumu di dalam semak
Jatuh melayang selaranya
Meski ilmu setinggi tegak
Tidak sembahyang apa gunanya
Pantun tersebut bertemakan....
A.
Kepahlawanan B. Keagamaan C.
Kejenakaan D. Sosial budaya E. Adat istiadat
23.
Damai sejehtera perlu di perjuangkan bersama... serentak keduanya bisa
dinikmati. Keduanya merupakan prasyarat... hidup layak dan mengembangkan
kemanusiaan menurut martabatnya. .... mengapa tokoh perlawanan damai sekali bermahatma gandhi tidak pernah menerima
nobel perdamaian?
Konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian
yang rumpang diatas adalah ....
A.
Agar,
dan , meskipun D. Dan ,
bagi , sedangkan
B.
Agar,
untuk, akan tetapi E. Karena,
agar, meski
C.
Supaya,
dan , namun
24.
1) Biji yang patut dipilih sebagai bibit memiliki beberapa ciri. 2) Setelah
dipilih, bibit di semaikan terlebih dahulu. 3) biji yang dijadikan bibit harus
masih dalam keadaan utuh. 4) biji yang kulitnya berkerut atau berjamur sebaiknya
tidak dipilih. 5) Kulit biji yang sehat biasanya berwarna kuning muda.
Kalimat yang sumbang (tidak koherensi) pada
paragraf di atas terdapat pada kalimat nomor ...
A.
1) B.
2) C.
3) D.
4) E.
5)
25.
1) Sebagian besar tenaga kerja yang
mencari pekerjaan itu hanya berpendidikan Sekolah dasar.
2) Rendahnya kualitas tenaga kerja
merupakan masalah dalam dunia ketenagakerjaan.
3) Sementara yang telah menamatkan
pendidikan SLTP dan SMA belum menjamin bahwa pendidikan yang mereka peroleh di bangku
sekolah cocok dengan kebutuhan tenaga kerja di lapangan.
4) Bahkan banyak yang belum sempat
menamatkan pendidikan sekolah dasar.
5) Oleh sebab itu, mereka tidak
mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang memadai dengan tuntutan lapangan
pekerjaan.
Susunan kalimat
tersebut agar menjadi paragraf yang padu adalah ...
A.
1),2),3),4),
dan 5) D. 5),3),2),1),
dan 4)
B.
2),1),4),3),
dan 5) E. 5),4),3),1),
dan 2)
C.
2),3),1),4),
dan 5)
26.
Cermati paragraf rumpang berikut !
Untuk dapat sampai ... pulau biawak yang berjarak 22 mil ini dapat di
tempuh lewat pelabuhan karang song .... kota indramayu dalam waktu 2,5 – 3,5
jam atau .. pelabuhan dadap dengan menggunakan perahu nelayan bermesin 25 PK
selamat 5 jam
Kata depan yang tepat untuk mengisi bagian
yang rumpang daru paragraf di atas adalah ....
A.
di,
ke, dari B. di, dari , ke C. ke, dari, di D. ke, din , dari E. Dari , di , ke
Perhatikan penggalan
resensi berikut untuk menjawab soal nomor 27,28, dan 29!
Buku ini memang
dirancang sebagai edutainment, pendidikan dan hiburan. Sekalipun apa yang ada
di dalam buku ini bisa di katakan persoalan sederhana namun bisa mengundang
diskusi yang sangat hangat. Apalagi penulis sengaja memasukkan informasi yang
tidak penting dalam sebuah teka-teki. Tujuan hanya untuk memaksa pembaca mampu
membedakan hal yang penting dan tidak, dalam memecahkan persoalan. Yang pasti
banyak ahli menyebutkan bila teka teki dan puzzle
sangat merangsang otak untuk lebih aktif bekerja. Kegiatan ini juga
menganalisis informasi berpikir kritis dan kreatif, memecahkan masalah dengan
cepat dan tepat.
(Belajar dengan teka teki, KR Minggu, 17 Januari 2009)
27.
Isi resensi di atas adalah ....
A. Teka teki dan
puzzle akan menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat
B. Pembaca harus bisa
memecahkan masalah dengan teka-teki dan puzzle
C. Berpikir kritis
dan kreatif dalam pendidikan dan hiburan akan melatih otak
D. Berpikir kritis,
menganalisis informasi dalam edutaiment
dan pendidikan.
E. Belajar dengan
teka-teki atau puzzle akan merangsang
otak aktif bekerja
28.
Kalimat simpulan yang tepat berdasarkan resensi di atas adalah ....
A. teka-teki dan
puzzle sebaiknya hanya digunakan dalam dunia hiburan dan edutaiment
B. sebagai pembica
kita harus bersikap kritis, informatif, dan kreatif terhadap teka-teki
C. teka-teki dan
puzzle sangat berpengaruh dalam mempercepat pemecahan masalah
D. Teka-teki dan
puzzle menjadi primadona dalam mengembangkan pola berpikir kritih
E. Teka-teki dan
puzzle sangat baik digunakan dalam hiburan pendidikan
29.
unsur yang dominan dibahas dalam resensi di atas adalah ...
A. persoalan dalam
buku D.
Pembahasan terhadap isi buku
B. Pengaruh penulis
buku. E.
Persoalan diskusi dalam teka-teki
C. Pengaruh buku bagi
pembaca
30.
Cermati Iklan berikut!
Dibutuhkan :
Tenaga administrasi,
SMA, maks. 30 th, berpengalaman.
Kirim ke Bag.
Personalia, PT Mulia Kencana, Jl. Banteng Raya no. 34 Solo.
(Sumber:
Solo pos, 2 Desember 2011)
Penulisan alamat
tujuan pada surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan di atas yang benar adalah ...
A.
Kepada
PT Mulia Kencana D.
Kepada Kepala Bagian Personalia
Jln. Banteng Raya No. 34 PT Mulia Kencana
Solo Solo
B.
Yth.
PT Mulia Kencana E.
Kepada Yth. PT Mulia Kencana
Jalan Banten Raya No. 34 Jln. Banteng Raya no. 34
Solo Solo
C.
Yth.
Kepala Bagian Personalia PT Mulia Kencana
Jalan Banteng
raya 34
Solo
31. Dengan hormat,
Berkenaan dengan iklan yang dimuat dalam
harian Radar Cirebon, 2 November 2014 tentang dibutuhkannya tenaga adminstrasi,
dengan ini:
nama :
tempat/tanggal lahir :
alamat :
pendidikan :
bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk
mengisi lowongan tersebut.
Kesalahan penulisan yang terdapat pada bagian
surat lamaran di atas terletak pada ...
A.
Penulisan
identitas pelamar D.
Penulisan salam pembuka
B.
Penulisan
tanggal E.
Pemakain tanda koma pada salam pembuka
C.
Penulisan
nama harian
32. Kalimat pembuka
lamaran pekerjaan yang dibuat berdasarkan iklan di atas adalah ...
A. berdasarkan iklan
lowongan pekerjaan yang dibuat dalam harian Radar
Cirebon, 2 November 2014, dengan ini saya mengajukan permohonan untuk
menjadi karyawan pada bagian adminstrasi.
B. Berdasarkan iklan
yang dimuat dalam Radar Cirebon, 2 November 2014, dengan ini saya mengajukan
lamaran agar Bapak mengabulkannya.
C. Membaca iklan yang
Bapak muat dalam harian radar Cirebon, 2 November 2014 saya merasa tertarik
untuk melamar kekosongan tersebut
D. Tertarik pada
iklan yang termuat dalam harian Radar
Cirebon, 2 November 2014, dengan ini saya mengajukan lamaran agar Bapak
sudi menerima saya
E. sesuai dengan
iklan yang dimuat dalam harian “Radar Cirebon”, 2 November 2014 tentang
lowongan pekerjaan pada bagian administrasi, dengan ini saya melamar lowongan
tersebut.
33.
Cermati penggalan surat undangan berikut untuk menjawab soal nomor 33 dan 34!
Kami
mohon kehadiran Bapak/Ibu pada :
Lanjutan penulisan
undangan di atas yang sesuai dengan kaidah penulisan EYD adalah ....
A. hari,tanggal : Senin, 5 November 2014 D.
Hari/tanggal : Senin, 5 November 2014
waktu : pukul 10.00
WIB Waktu :
Pukul 10.00 WIB
tempat : Ruang Aula
SMA Karangampel Tempat :
Ruang Aula SMA Karangampel
B. hari/tanggal : Senin, 5 November 2014 E.
Hari,tanggal : 5 November 2014
waktu : Jam 10.00
WIB Waktu :
Pukul 10.00 WIB
tempat : Ruang Aula
SMA Karangampel Tempat :
Ruang Aula SMA Karangampel
C. Hari/tanggal : Senin, 5 November 2014
Waktu :
Jam 10.00 WIB
Tempat :
Ruang Aula SMA Karangampel
34.
Kalimat penutup surat undangan resmi di atas yang resmi yang tepat adalah ....
A. Atas perhatian
Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.
B. Atas perhatiannya,
saya menghaturkan terima kasih.
C. Atas perhatian
Bapak/Ibu, saya mengucapkan banyak terima kasih.
D. Demikian harap
maklum, atas kerjasanya diucapkan terima kasih.
E. Mohon kehadiran
Bapak/Ibu tepat waktu.
35.
Keluar dari rumah Pak RT, Kentus merasa dirinya bukan lagi kenthus, wajahnya
bingar. Senyumnya sesekali mengubah bentuk bibirna yang berhias cokop di kedua
ujungnya.. semua orang yang dijumpainya menjadi lilipat: kecil bukan main.
Perpohonan menjadi kerdil dan menunduk. Angin di dengarnya bersenandung tembang
mengayubagnya. Kenthus telah
dilambungkan dari kelas terbawah ke panggung kehidupan.
Kutipan cerpen di atas mengisahkan bahwa ....
A.
Kenthus
sekarang telah menjadi ketua RT yang baru.
B.
Kenthus
merasa bahwa dirinyalah penguasa di kampungnya.
C.
Kenthus
sudah lupa dengan dirinya sendiri
D.
Kenthus
mendadak dirinya telah menjadi orang besar
E.
Kenthus
merasa dirinya dikagumi banyak orang
36. Tokoh Kenthus
dalam kutipan cerpen di atas memiliki watak ...
A. besar hati B.
Baik hati C.tinggi hati D. Keras kepala E. Kepala batu
37. Sebelum mengupas
pemikiran–pemikiaran mendasar yang muncul dalam filsafat seni, penulis
mengangkat pemikiran tentang ilmu seni yang selama ini lebih banyak dilupakan
orang.. ilmu seni harus dibedakan dengan seni. Seni itu soal penghayatan,
sedangkan ilmu adalah soal pemahaman. Seni untuk dinikmati, sedangkan ilmu seni
untuk dipahami.
Masalah yang disoroti
dalam resensi di atas adalah ...
A.
Pemikiran
penulis tentang ilmu seni D.
Penghayatan seni
B.
Masalah
yang dihadapi para seniman E.
Perbedaan seni dangan ilmu seni
C.
Nilai
filsafat yang terkandung dalam ilmu seni
38. Cerita ini baik
dan mudah ditangkap. Pengarang menyajikan masalah yang aktul dan sering kita
jumpai sehari-hari. Semuanya dapat diterima akal sehat serta tidak membosankan.
Pangarang menguraikan secara panjang lebar karakter tokoh-tokohnya. Jadi,
ceritanya tidak kabur. Sayang, pengarang-pengarang sering mengulang-ulang kisah
yang porno. Dalam satu buku mungkin lebih dari empat kisah.
Kalimat resensi yang
mengungkapkan keunggulan buku adalah ...
A.
Sayang
pengarang sering mengulang-ngulang kisah yang porno
B.
Karakter
tokoh tidak digambarkan dengan jelas
C.
Cerita
yang diungkapan cerita yang berbau porno
D.
Pembaca
senang karena pengarang menyajikan cerita yang aktul
E.
Cerita
dapat diterima akal sehat dan tidak membosankan
39. Buku ini sangat
baik dibaca oleh politisi maupun umat islam. Karena buku ini tidak semata
memaparkan konsep-konsep politik Islam secara teoritis, tetapi juga dijiwai
oleh sebuah pengalaman aktivitas dakwah politik yang sangat luas.
Bagian resensi di
atas mengungkapakn ...
A.
Identitas
buku B. Gaya pengarang C.
Nilai buku D. Sinopsis buku E. Latar belakang
40. “Supernova” adalah sebuah novel superimajinatif. Sungguh
tidak lazim bagi dunia sastra Indonesia. Ditulis dengan gaya pop, tetapi sarat
dengan problema filsafat dan teori-teori ilmiah. Baru kali ini dalam sastra
Indonesia, seseoarang penulis mampu mengartikulasikan pola kehidupan
kontemporer secara eksperimentif dengan gaya yang hampir science fiction.
Dalam
kutipan tersebut, hal yang diresensi adalah ...
A.
Identitas
buku
B. Kekurangan buku C. Gaya penulisan D. Bahasa penulis E.
Kelebihan buku
41.Indahnya
objek wisata Pangandaran yang terletak di Jawa Barat. Berpantai landai,
sesekali diterpa ombak yang berkejaran gulung-menggulung. Objek ini banyak
diminati wisata lokal dan mancanegara. Alamnya diperindah oleh hutan di
sekitarnya yang membuatnya menggeliat penuh gairah. Listrik memberi kampungku
cahaya, musik, es, api dan angin. Di kampungku, listrik juga membunuh bulan di
langit. Bulan tidak lagi menarik hati anak-anak. Bulan tidak lagi mampu membuat
bayang-bayang pepohonan. Tetapi, kampung tidak merasa kehilangan bulan.
Sudut pandang yang
digunakan pengarang pada kutipan cerpen di atas adalah ....
A.
Pengarang
sebagai orang pertama, pelaku utama
B.
Pangarang
sebagai orang kedua yang serba tahu
C.
Pengarang
sebagai orang pertama, pelaku utama
D.
Pengarang
sebagai orang pertama, pelaku pembantu
E.
Pengarang
sebagai orang pengamat, orang pertama
42. Gaya bahasa yang
tampak menonjol dalam kutipan cerpen di atas adalah ....
A. hiperbola B.
Personifikasi C. Metonimia D. Simile E.
Eufemisme
43. Cermati penggalan
kutipan puisi berikut!
....
Dalam kitab suci
semua orang disayangi
Pelacur, penjahat,
dan para penjudi
Termasuk tentara dan
polisi
Sifat yang keji
Itulah yang mesti dijauhi
Amanat yang terkandung dalam puisi di atas
....
A.
Pelacur,
penjahat, dan penjudi diperbolehkan
B.
Pelacur
dan penjahat tidak boleh dilarang
C.
Menjadi
pelacur dan penjahat itu bisa menjadi baik
D.
Semua
orang harus menhindari perbuatan keji
E.
Semua
orang harus dibiarkan bebas memenuhi hak asasinya
44. SIAPA DIA
Yang kusebut
berulangkali dalam mimpi
Yang kupanggil setiap
detik
Resah
yang kuulangi dalam
setiap detak nafas
Siapa dia
Yang kuusir dalam
setiap bahagia
Yang kubuang dalam
setiap ingatan
Siapa dia
Tema puisi di atas bercerita tentang
A.
Kebimbangan B. Kesedihan C. Kemuraman D. Kerinduan E. Kedukaan
45.Bacalah penggalan
puisi di bawah ini!
MAWAR
....
Keras kulihat tangkai
batangmu
Di balik itu
Kumbang-kumbang
hiasmu
Serentetan di
kelompok duri manismu
Namun,
Bila usai sudah
usiamu
Tampak sayup lemas
tubuhmu
Berguguran helai demi
helai
Bagai puing menyatu
dengan asalmu
Susunan yang tergambar melalui puisi di atas
adalah ....
A.
Kesenangan B. Kesedihan C. Kekecewaan D. Keheningan E.kegemniraan
46.“Aku tidak
percaya! Aku tidak percaya. Jika hanya oleh melompat-lompat dan berkejaran
semalaman penuh. Aku tidak percaya itu. Aku mulai percaya desas-desus itu bahwa
kau orang tamak.
Orang yang kikir, penghisap. Lintah darat.
Inilah ganjarannya! Aku mulai percaya desas-desus itu, tentang dukun-dukun
mengilui luka sunatan anak-anak kita. Aku mulai yakin bahwa itu karena
kesombonganmu, kekekiranmu, keangkuhanmu, dan tak mau tahu dengan mereka. Aku
yakin, mereka menaruh racun di pisau dukun-dukun itu.”
(Panggilsn Rosul, Hamzad rangkuti)
Pendeskripsian watak takoh “aku” yang
digunakan pengarang dalam cerpen tersebut melalui ...
A.
Tanggapan
tokoh lain B. Dialog antartokoh C. Watak tokoh D. Pikiran tokoh E.Lingkungan tokoh
47.Ketiga anak
manusia itu bagaikan kumbang-kumbang yang baru saja mengenal keindahan hutan
dengan kembang-kembangnya. Menatap alam dengan kepasrahan hatinya. Menyelami
rimba raya dengan kejujurannya. Hutan yang dasyat dan ganas menjadi napas yang
tenang dalam keheningan budinya.
(sumber: Horison Sastra Indonesia)
Penggalan novel tersebut menggambarkan ...
sekaligus majas ...
A.
Alur,
personifikasi B.Tokoh, eufemisme C. Amanat, ironi D. Latar, alusio E. Setting, simile
48.Pak Balam kemudian terdengar berkata
dengan suara seperti orang mengigau, ”Awas, harimau itu dikirim oleh Tuhan
untuk menghukum kita yang berdosa – awas harimau – dikirim Allah – awas harimau
– akuilah dosa-dosa kalian – akuilah dosa-dosa kalian – akuilah dosa-dosa
kalian.”
(Harimau-Harimau,
Muchtar Lubis)
Amanat yang
tersirat dalam kutipan tersebut adalah …
A. Setiap orang pasti mempunyai dosa, mulai dari dosa kecil sampai dengan dosa besar.
B. Dosa yang telah dilakukan oleh seseorang tidak akan dapat disembunyikan, pasti akan ketahuan.
C. Akui dan minta ampunlah atas dosa yang telah diperbuat karena Tuhan pasti akan membalas perbuatan
A. Setiap orang pasti mempunyai dosa, mulai dari dosa kecil sampai dengan dosa besar.
B. Dosa yang telah dilakukan oleh seseorang tidak akan dapat disembunyikan, pasti akan ketahuan.
C. Akui dan minta ampunlah atas dosa yang telah diperbuat karena Tuhan pasti akan membalas perbuatan
dosa itu.
D. Tidak baik menutupi-nutupi dosa orang yang telah dilakukan karena suatu saat dosa itu pasti akan diakui
D. Tidak baik menutupi-nutupi dosa orang yang telah dilakukan karena suatu saat dosa itu pasti akan diakui
juga
E. Hindarilah dirimu dari segala
dosa karena Tuhan akan menghukum orang yang berbuat dosa tersebut.
49. Bacalah teks biografi berikut
dengan saksama !
Dia seorang politisi lintas orde yang telah teruji.
Mantan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (1988-1993) dan Menteri
Negara Lingkungan Hidup (1993-1998) di era Presiden Soeharto ini teruji bebas KKN.
Pada era pemerintahan Abdurahman Wahid, ia dipercaya menjadi Menteri kelautan
dan Perikanan (1999-2001). Seperti burung phoenix, ia merupakan orang yang tak
mau mundur dan selalu hidup kembali. Kariernya berliku timbul tenggelam sampai
akhirnya ia menjabat Menteri Lingkungan Hidup. Impian ini terwujud setelah 30
tahun melalui perjalanan panjang. Sebelas tahun ia harus sabar menjadi sukarelawan
di Kementerian Lingkungan Hidup. Namun, itulah yang membuat hidupnya lebih
terpacu mewujudkan obsesi mengatur dan memperbaiki lingkungan di Indonesia.
Sifat-sifat
tokoh dalam teks tersebut yang dapat diteladani adalah....
a. jujur dan
sederhana d.
sederhana dan optimis
b. ambisius dan tidak sombong e. pekerja keras dan rendah hati
c. jujur dan pantang menyerah
b. ambisius dan tidak sombong e. pekerja keras dan rendah hati
c. jujur dan pantang menyerah
50. Masalah
yang terdapat dalam teks biografi tersebut adalah....
a.
perjalanan panjang dalam mencapai puncak karier sebagai menteri
b. lingkungan hidup di Indonesia yang belum dapat diatasi dan diperbaiki
c. obsesi tokoh yang terlalu tinggi membuat dia harus berjuang keras
d. seseorang yang tidak mudah putus asa dalam mencapai cita-citanya
e. tokoh yang merupakan mantan menteri Orde Baru yang bebas KKN
b. lingkungan hidup di Indonesia yang belum dapat diatasi dan diperbaiki
c. obsesi tokoh yang terlalu tinggi membuat dia harus berjuang keras
d. seseorang yang tidak mudah putus asa dalam mencapai cita-citanya
e. tokoh yang merupakan mantan menteri Orde Baru yang bebas KKN
*** s@e ***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar