Kamis, 26 Februari 2015

Latihan ulangan

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN INDRAMAYU
UPTD PENDIDIKAN JATIBARANG

SMA NEGERI 1 JATIBARANG

Terakreditasi  “A”
Jalan Ampera 100   ( (0234) 7008905 Jatibarang  - INDRAMAYU 45273
          

SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP

SMA NEGERI 1 JATIBARANG
TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia                                                                                                      Kelas/Program          : XI (Sebelas) IPA/IPS          
Hari/Tanggal             : Senin, 2 Maret 2015                                      
Waktu                       : 07.30 – 09.30

PETUNJUK UMUM
1.      Berdoalah sebelum Anda mengerjakan soal.
2.      Isikan identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban yang tersedia sesuai petunjuk soal.
3.      Tersedia waktu 90 menit untuk mengerjakan soal tersebut
4.      Jumlah soal sebanyak 40 pilihan ganda (PG), 5 esai
5.      Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya.
6.      Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
7.      Tidak diizinkan menggunakan HP dan mencontek
8.      Mintalah kertas buram kalau diperlukan.
9.      Periksa pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ruangan
Lembar soal dikembalikan kepada pengawas ruangan, dan tidak boleh dicorat-coret

A.  PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Fungsi membaca cepat , kecuali ….
          a. membaca buku pelajaran    c. memilih buku di perpustakaan         e. membeli buku di toko buku
          b. membaca harian               d. membaca teks di layar televisi

2. Mang Alan, penjaga SMAN I Jatibarang, membaca Koran sejumlah 449 kata dengan waktu 83 detik.
Dia menjawab pertanyaan dari Koran hanya salah 1 dari 5 soal.
Berapa KPM kecepatan baca Mang Alan itu?
   a. 324          b. 325               c. 326               d.327                      e.328

  3. Berapa persentase pemahaman Mang alan?
           a. 8 %          b. 80 %             c. 0, 8 %             d. 0, 80 %             e. 88 %

       4. Jadi, kecepatan efektif membaca (KEM)  Mang Alan tersebut adalah ….
          a. 258          b. 259               c. 260                 d. 206                    e. 295

       5. Kategori jenjang sekolah Mang Alan tersebut adalah ….
                a. SD / SMP                        b. SMA                         c. Mahasiswa      d. Pasca Sarjana       e. Dewasa

       6. Seorang siswa dapat membaca 1000 kata selama 300 detik ( 5 menit ).
           Berapakah kecepatan membaca siswa tersebut ?
a.   100 kpm             b.300 kpm        c.400 kpm           d.200 kpm      e.500 kpm

7.  Sebuah Teks terdiri dari 945 kata dan habis dibaca dalam waktu 3 menit 45 detik. Berapakan kecepatan membaca teks tersebut?
a.     250 kpm           b. 255 kpm        c. 242 kpm       d. 225 kpm      e.     252 kpm

8. Syahrini membaca sebuah teks 600 kata menghasilkan 200 KPM. Berapakah waktu ideal yang diperlukan untuk membaca teks tersebut?
a. 120 detik            c. 240 detik       b. 2 menit         d. 3 menit         e. 5 menit

9. Kecepatan membaca seseorang sangat dipengaruhi oleh beberapa hal, kecuali ....
a.Latar belakang sosial         c.Latar belakang pendidikan             e. Frekuensi membaca
b.   Tingkat kecerdasan                      d.Penguasaan kebahasaan

10. Hal-hal yang dikemukakan berkenaan dengan latar belakang masalah, tujuan penulisan, dan rumusan masalah,    merupakan bagian dari karya ilmiah yang dituangkan atau ditempatkan pada bagian….
   a.    Pendahuluan       b. Pembahasan        c. Kesimpulan          d. Saran-saran               e. Penutup

11(1) Judul Buku Komposisi            (3) Penerbit Nusa Indah         (5) Tahun 1980
 (2) Penyusun Keraf, Gorys          (4) Kota Ende, Flores
  Jika data buku tersebut ditulis ke dalam daftar pustaka, yang benar urutannya sesuai EYD adalah ....
a.       (5), (4), (3), (2), (1)                c. (4), (1), (2), (3), (5)                    e. (2), (5), (1), (4), (3)
b.       (1), (3), (4), (2), (5)                d. (1), (3), (2), (5), (4)
      12. Latar belakang masalah penelitian mengandung uraian yang menjelaskan……
a.  Judul penelitian                      c. Masalah penelitian                    e.  Hasil penelitian
b.  Alasan pemilihan masalah       d. Kesimpulan hasil penelitian

13.  Penulis menyadari bahwa karya tulis ini jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan     kritik dan saran yang membangun dari semua pihak.
     Bagian karya tulis di atas terdapat pada…
  a. Saran                 b. Kata pengantar          c. metode          d. pembahasan            e. pendahuluan

14. Tema karya tulis : Maraknya Kenakalan remaja di Kota Besar
Kalamat latar belakang yang sesuai dengan tema tersebut adalah....
a.Dewasa ini sering diberitakan di surat kabar atau di televisi bahwa remaja di kota-kota besar sering melakukan kenakalan.
b.Kesibukan orang tua sering dikambinghitamkan oleh remaja sehingga mereka dapat melampiaskan kenakalannya.
c.Tanpa disangka kenakalan remaja di kota-kota besar sangat mudah melakukan kejahatan
d.Kewaspadaan orang tuauntuk memantau perkembangan perilaku anak-anaknya sangat diperlukan  agar mereka tidak terjerumus.
e.Berkali-kali remaja yang sama melakukan pelanggaran sama, tetapi tidak menyebabkan mereka jera, sekalipun dipenjara.

15. Penulisan simpulan karya ilmiah merupakan.....
a. singkat dan sesuai permasalahan
b. rangkuman dari isi kesuluruhan karya ilmiah
c. rumusan singkat dan terpadu terhadap uraian isi karya ilmiah
d. ringkasan dari pembahasan karya ilmiah
e. berupa esai padat yang meringkas isi karya ilmiah

16. Kerangka karangan sangat bermanfaat bagi seorang yang akan menulis. Kerangka karangan ini dapat digunakan untuk....
a. memilih tema                  c. mengembangkan menjadi kerangka yang utuh
b. menentukan judul           d. menentukan pikiran penjelas                e. memilih pikiran utama

17. Penulisan judul karya tulis berikut yang sesuai dengan EYD adalah.....
a. Penyaluran dan Pemasaran Hasil Tembakau Dari Desa karang Tengah
b. Penyaluran Dan Pemasaran Hasil Tembakau Dari Desa karang Tengah
c. Penyaluran Dan pemasaran Hasil Tembakau dari Desa Karang Tengah
d. Penyaluran dan Pemasaran Hasil Tembakau dari Desa Karang Tengah
e. Penyaluran dan pemasaran hasil tembakau dari desa Karang Tengah

18. Di bawah ini yang bukan merupakan perencanaan dalam pembuatan karya ilmiah adalah….
a.  membuat ringkasan           c. membatasi topik             e. memilih topik       
bmenetapkan judul              d. menetapkan masalah

19. Bahasa yang digunakan dalam penyusunan laporan penelitian hendaknya memiliki ciri-ciri berikut, yaitu….
a.    bersifat ilmiah, subjektif, lugas
b.    bersifat ilmiah, denotatif, tanpa prasangaka
c.    bersifat ilmiah, denotatif, subjektif
d.    bermakna konotatif, lugas, tanpa prasangka
e.    bermakna denotatif, lugas, subjektif

Perhatikan teks drama berikut!
Tina     : Tuhan menakdirkan semua nasib manusia, kita hanya menjalani.
Ibu        : Nah, pikiran begitu itu yang tak ku sukai, kau sudah ditakdirkan punya suami buta, tak Adakah niatmu, tidak adakah usahamuuntuk mengubah takdir itu? Sebab takdir itu  Baru jatuh setelah manusia berusaha. Tina, kau bukan anakku jika kau tidak berani melawan takdir yang pahit.
Tina      : Aku sudah berusaha, Abas juga sudah berusaha, dan inilah hasilnya. Dan kami dapat  Membelanjai diro untuk hidup sehari-hari.
Ibu        : ….
20. Konflik yang terjadi antara tokoh Tina dan Ibu adalah ….
a.    pasrah menjalani takdir      c. pandangan mengenai takdir.   e. perbedaan takdir manusia
b.    nasib merupakan takdir      d. usaha melawan takdir

21. Watak Tina dalam kutipan di atas adalah ….
a.     Penyayang        b. Penyabar        c. Pemarah       d. Pemaaf        e. pendendam

 22. Kalimat yang tepat untuk mengisi dialog yang rumpang tersebut adalah ….
a.    Sekarang berani kau membantah ibumu.
b.    Terserah apa maumu.
c.    Maksud ibu bukan seperti itu tina.
d.    Apa hanya itu usaha kalian untuk merubah takdir hidup kalian?
e.    Lihatlah saudara-saudaramu yang berhasil.
23. Hal-hal di bawah ini yang tidak berkaitan dengan drama adalah…
a.    Pelatihan aspek teknik, spiritual dan emosi
b.    Bibliografi, biografi, dan katostrop
c.    Tema, amanat, sutradara, dan dekorasi
d.    Aksentuasi, intonasi, pelafalan, gerak-gerik tubuh, dan mimic
e.    Blocking, timing, cossing, dan setting

24. Intan            : Engkau pengarang?
 Gandhi        : (terkejut) mengapa? …(mengeluh) Ah engkau juga.
 Intan         : …  sedikit diserang kritik orang, engkau hendak melarikan diri. Untuk menjaga    nama supaya jangan merosot. Aku sudah maklum.
 Gandh        : (sambil menunjuk ke kanan). Pergi dariku. Kau pun boleh memusuhiku. Untuk cita-cita, aku bersedia mengorbankan     segalanya.
 Unsur intrinsik yang paling menonjol dalam penggalan drama di atas adalah….
  a. Latar                  b.Tema         c. Alur           d. Sudut pandang                 e. Perwatakan

25. Romeo        : Petunjuk cinta yang gaib telah mempersatukan aku kehadapanmu.
  Dan untuk cinta yang ku dapatkan akan ku taruhkan segalanya. Tapi…..
Aku seorang Montague…..
  Juliet          : Dan aku seorang Capulet. Mengapa kita punya nama? Biarlah aku menjadi
  bukan Capulet dan kau bukan Montague, Romeo!
Tema yang tersirat dari penggalam drama diatas adalah…..
a.    Kepercayaan             c. Persahabatan                   e. Permusuhan
b.    Percintaan                d. Pertentangan keluarga

26.  Di bawah ini yang bukan fungsi dialog dalam drama, adalah….
a. untuk menggambarkan watak      c. untuk membentuk alur                   e. supaya cerita lebih hidup
b. untuk menciptakan konflik          d. supaya dapat dipentaskan di atas panggung

27.  Drama yang isinya mengisahkan tokoh yang mengharukan atau menyedihkan termasuk drama ….
a. komedi b. Pantomime   c. Tragedy        d. Sandiwara     e. opera

28.  Lurah          : Kenapa Pak Wongso Kariyo tidak melapor pada Pak Jagabaya?
  Cokro        : Dia sudah melapor pada Pak Jagabaya!
  Wongso     : Edan! Diam saja atau telinga Pak Lurah yang sudah budeg! Tiap hari saya datang kemari. Tiap  hari saya ribut dengan Pak Lurah. Tiap hari saya teriak otot-ototan dengan Pak Lurah, tapi Pak Lurah Cuma diam saja. Cuma plang plongo.
Konflik yang terkandung dalam kutipan drama tersebut adalah …
a.Kecemasan Pak Lurah yang sangat berlebih-lebihan.
b.Telinga Pak Lurah yang tidak berfungsi dengan baik.
c.Pak Wongso  tidak melaporkan kejadian dengan jelas.
d.Pak Lurah tidak menanggapi laporan Pak Wongso.
e.Pak Lurah memarahi Pak Wongso setiap hari.

29.   Menjelang pajar , Setiani terbangun karena tiba-tiba perutnya terasa mulas-mulas. 'Mungkin sudah waktunya bayi kita akan lahir,' ujar Mas Jureni dengan gugup bercampur gembira. Segera diantarkannya setiani melahirkan anak laki-laki dengan lancar.
Latar pada cuplikan cerpen diatas adalah
a. di rumah      b. di rumah sakit     c.di kamar tidur       d. di hotel     e. di klinik bersalin                         

30.    Suatu luapan rasa simpati yang muncul secara tiba-tiba membuat air matanya berlinang di kedua belah mata Anisa. Kasihan,ibuku sayang pikirnya. Betapa seringnya ibunya kelaparan asalkan anak-anaknya tidak. Aku tidak boleh mementingkan diriku sendiri.Demikianlah, dia kemudian mendekati dan meletakkan kepalanya ke pangkuan ibunya.
Nilai moral dalam penggalan cerpen terjemahan tersebut adalah.....
a.     Anak yang manja biasanya mementingkan diri sendiri.
b.    Kesedihan yang mendalam sehingga timbul rasa iba.
c.     Keluarga yang akrap dengan lingkungan.
d.    Pengorbanan seorang anak kepada ibunya.
e.     Tidak mementingkan diri sendiri.

31.    “Kalau dendam dan sakit hati kita ladeni, bagaimanakah coraknya dunia ini? Percayalah padaku, bahwa karya seni yang paling agung ialah mengubah perasaan benci menjadi perasaan kasih sayang,mengubah lawan menjadi kawan!”.      
Dari penggalan cerpen tersebut, unsur intrinsik yang menonjol adalah..............
a.   sudut pandang              b. penokohan          c. alur cerita             d. latar/seting        e. Tema
32. Cerita pendek atau cerpen adalah karangan pendek yang berbentuk ...
a.     Puisi     c. Fiktif                         b. Fiksi             d. Prosa           e. Estetis
33. Berikut ini adalah ciri-ciri dari cerpen, kecuali ....
a.     Beralur tunggal dan lurus
b.    Penokohan sangat komplek dan mendalam
c.     Jumlah kata kurang dari 10.000
d.    Bentuk tulisan singkat, padat, dan lebih pendek daripada novel.
e.     Penokohan sangat sederhana, singkat, dan tidak mendalam

34.    Alur memiliki pengertian sebagai ....
a.     Bersifat menjiwai keseluruhan cerita dan mempunyai generalisasi yang umum
b.    Pesan yang ingin disampaikan pengarang melalui karyanya.
c.     Posisi pengarang pada sebuah cerita cerita
d.    Tempat terjadinya suatu cerita
e.     Rangkaian peristiwa yang membentuk sebuah cerita

35.    Tema adalah ....
a.     Posisi pengarang pada sebuah cerita
b.    Bersifat menjiwai keseluruhan cerita dan mempunyai generalisasi yang umum
c.     Pesan yang ingin disampaikan pengarang melalui karyanya
d.    Tempat terjadinya suatu cerita
e.     Rangkaian peristiwa yang membentuk sebuah cerita

36.    Di bawah ini adalah unsur-unsur intrinsik dari suatu cerpen, kecuali ...
a.   Latar     b. Tokoh           c. Tema            d. Nilai-nilai dalam cerita            e. Sudut pandang

37.    “Pak, jangan tinggalkan aku!” suara Mama begitu pelan, namun menyayat. Air matanya kian membanjir. Begitu pula denganku. Tetapi, aku tak berkata apa-apa. Bibir Bapak bergerak perlahan. Dia berjuang keras untuk mengeluarkan kalimat yang menyesaki tenggorokannya. Dan akhirnya, MAAF. Kata itulah yang mampu kueja. Aku tidak mampu berkata-kata. Kulihat mata Bapak lambat laun meredup.  Genggaman jarinya melemah. Hingga akhirnya benar-benar tak ada. Bapak...!!!
Amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
a.     Saat-saat terakhir merupakan saat yang paling tepat untuk saling memaafkan
b.    Carilah perlindungan saat ajal mendekat
c.     Segeralah minta maaf selagi masih bisa berbicara
d.    Bantulah jika ada orang yang akan meninggal
e.     Keluarga sangat berarti pada saat terakhir

38. Tatkala aku masuk sekolah Mulo. Demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga orang yang hanya mendengarkanku berbicara dan tidak melihat aku, mengira aku anak Belanda. Aku pun bertambah lama bertambah percaya pula bahwa aku anak Belanda. Sungguh hari-hari ini makin ditebalkan pula oleh tingkah laku orang tuaku berupaya sepenuh daya menyesuaikan diri dengan langgam lenggok orang Belanda.
“ Kenang-kenagan” ( Abdul Gani A.K.)
Sudut pandang pengarang yang digunakan dalam penggalan tersebut adalah ...
a.     Orang ketiga serba tahu          c. Orang ketiga pelaku sampingan      e. Orang pertama dan ketiga
b.    Orang pertama pelaku utama   d. Orang ketiga pelaku utama
39.  Pernyataan berita di bawah ini yang termasuk fakta adalah ….
a. Polisi akan meringkus para penjahat di Desa Ceplisan.
b. Bupati akan meresmikan Gedung Wanitatama besok.
c. Penjahat itu akan merampok toko emas.
d. Mobil truk itu bertabrakan dengan mobil Kijang tadi pagi di depan terminal.
e. Polisi akan merazia para pengendara motor besok pagi.

40. Yang dimaksud opini adalah ....
a. berita mengenai pendapat seseorang, misalnya cendekiawan atau tokoh terkenal
b. berita mengenai kejadian faktual
c. berita mengenai kriminalitas
d. berita mengenai human interest
e. berita yang mendalam

B.  JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI!
41. Secara umum apa tujuan membaca?
42. Apa perbedaan gestur dengan ekspresi?
43. Berikan contoh karya ilmiah!
44. Nilai apa saja yang terdapat pada cerpen?
45. Susunlah sebuah kalimat fakta!

***s@e***