Minggu, 04 Mei 2014

Guru Terfavorit dan Terdisiplin di Sajati

LAPORAN PEMILIHN GURU TERFAVORIT DAN TERDISIPLIN
SMA NEGERI 1 JATIBARANG
TAHUN 2014


1. Pendahuluan
Upaya pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia berbagai segi dilakukan. Delapan standar pendidikan indikasi upaya peningkatan tersebut. Standar pendidikan yang mengangkat kegiatan belajar dan mengajar adalan standar proses pendidikan yang diatur oleh Permendikbud RI nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Untuk itu, setiap satuan pendidikan, terutama pendidik, melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran serta penilaian proses pembelajaran untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan.
Hal demikian peran pendidik dituntut untuk berperan lebih. Oleh karena itu, pemerintah  memberikan stimulus dan memotivasi agar pendidik berkinerja lebih optimal dengan memberikan tunjangan sertifikasi pendidik. Demikian pula, salah satu alasan dilaksanakan pemilihan guru terfavorit dan terdisiplin di lingkungan SMA Negeri 1 Jatibarang tahun 2014 yang dikaitkan dengan hari pendidikan nasional (Hardiknas).

2. Landasan kegiatan
Kegiatan pemilihan guru terfavorit dan terdisiplin adalah berlandaskan pada.
1.      Undang-Undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang  Sistem Pendidikan Nasional.
Pasal 4, ayat 4 “ pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran.”
2.      Permendikbud RI nomor 65 tahun  2013 tentang Standar  Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Prinsip pembelajaran yang digunakan, “Pembelajaran    yang    menerapkan    nilai-nilai    dengan    memberi keteladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani) “ dan “pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah siswa, dan di mana saja adalah kelas.”
3.      Surat Keputusan Kepala SMA Negeri 1 Jatibarang nomor 001/421.3/SMA.06/2014 tentang Pembagiatan Tugas Tenaga Pendidik dan Kependidikan pada Proses Belajar Mengajar Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014.
4.      Instruksi dan arahan Kepala SMA Negeri 1 Jatibarang pada hari Jumat, 2 Mei 2014 di ruang kepala sekolah.

3. Tujuan
Kegiatan pemilihan guru terfavorit dan terdisiplin di lingkungan SMA Negeri 1 Jatibarang bertujuan:
1.      Manajer atau leader SMA Negeri 1 Jatibarang dapat mengetahui seberapa besar aplikasi kinerja guru sesuai dengan Surat Keputusan Kepala SMA Negeri 1 Jatibarang nomor 001/421.3/SMA.06/2014 tentang Pembagiatan Tugas Tenaga Pendidik dan Kependidikan pada Proses Belajar Mengajar Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014
2.      Agar pendidik mengetahui efek kinerja pembelajaran yang disampaikan kepada peserta didik berdasarkan sudut pandang peserta didik.
3.      Menata strategi pembelajaran yang tepat setiap kali melakukan presentasi pembelajaran untuk masa kini ataupun mendatang.

4. Nama Kegiatan
Kegiatan yang dilakukan oleh tim kecil ini diberi nama “Pemilihan Guru Terfavorit dan Terdisiplin” yang dikaitkan dengan Hari Jadi Jendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2014 di wilayah lingkungan SMA Negeri 1 Jatibarang.

5. Waktu dan Tempat
Kegiatan ini bersifat insidental dan disesuaikan dengan kebutuhan. Waktu pelaksanaan secara singkat dan proses awalnya dirahasiakan bagi segenap pendidika. Pengambilan data melalui jajak pendapat peserta didik pada hari Sabtu tanggal 3 Mei 2014 di kelas peserta didik masing-masing. Pengambilan data secara objektif, tidak ada pengarahan ataupun intimidasi terhadap peserta didik. Sekali pun pendidik tersebut wali kelas atau jabatan yang melekat apa pun. H’asil pemilihan pendidik ini diumumkan pada hari Senin dalam upacara Hardiknas sekolah pada tanggal 5 Mei 2014 di Lapnagan Upacara SMA Negeri 1 Jatibarang

6. Struktur Tim
Tim kecil ini dibentuk  menggunakan pendidik yang sepuh. Struktur tim tersebut sebagai berikut.
1.      Drs. H. Imawan Budi Rachmana
2.      Drs. Safrudin, M.A.
3.      Drs. Saepudin, M.A.

7. Responden (peserta didik)
Data terkumpul melalui responden dari kelas X dan kelas XI IPA / IPS dengan jumlah di bawah ini.

NO
RESPONDEN/ SIAWA KELAS
JUMLAH
KETERANGAN
1
X.1
18

2
X.2
22

3
X.3
19

4
X.4
22

5
X.5
19

6
X.6
20

7
XI IPA.1
24

8
XI IPA.2
22

9
XI IPA.3
22

10
XI IPS.1
24

11
XI IPS.2
15

12
XI IPS.3
9


Jumlah
236




8. Objek Penilaian (pendidik)
Objek yang dijadikan penilaian oleh peserta didik adalah sebagai berikut.

NO
PENDIDIK
MENGAJAR KELAS
NO
PENDIDIK
MENGAJAR KELAS
1
Setyo Adisapto, S.Pd.
X
25
Drs. Sufana
X/XI IPS
2
Dra. Hj.Tuty K.M.Pd.
X
26
Aplani, S.Ag
X
3
Drs.Saepudin, M.A.
XII IPA/IPS
27
Holisah, S.Ag.
X/XI IPA
4
Drs.H.Imawan B.R.
XII IPA
28
Saefudin Z. S.Pd.
XII IPA/IPS
5
Drs. Tobsin
X
29
Kaminah, S.Pd.
X/XI/XII IPS
6
Drs.Wahyu B.,M.A.
XI/XII IPS/IPS
30
Deden M.H. S.Pd.I
X/XII IPA
7
Rizal B. S.Pd. Mat.
XII IPA/IPS
31
S. Qoriah, S.Pd.I
X
8
Narwidi,S.Pd.,M.A.
XI IPA
32
Mira Yuliantini, S.P.
XII IPA
9
Drs. Safrudin, M.A.
XII IPS
33
Yanti S. S.Pd.
X
10
Kusbariah, S.Pd.
X/XII IPA
34
Dra. Hj. Turini
XI
11
Siti Sofia, S.Pd.
XII IPA/IPS
35
Rina Rahayu, S.Pd.
X/XII IPA/IPS
12
Kalsan, S.Ag.
XII IPA/IPS
36
Dra. Sri Winarsih
-
13
Drs.Haryanto
X
37
Susi S. S.Pd.I.
X
14
Rd. Bambang PT S.Pd. M.Si.
X/XI IPA/IPS
38
Wawan S.A.S.Pd.
XI IPS
15
Dra. Endang U.I
XI IPA/IPS
39
Ato Sudiarto, S.Pd.
XI IPA/IPS
16
Joko B.S. S.Pd. M.A.
X/XI IPA/IPS
40
Eka Sriyanti, s.Pd.
XI IPA/IPS
17
Remawati, S.Pd.
XII IPA/IPS
41
Indriyati, S.Si.
X
18
Abud Halba, S.Pd.
X/XI IPA/IPS
42
Happy S., S.T.
XI/XII IPA/IPS
19
Fitri Sulastri, S.Pd.
XI IPA XII IPS
43
Nita Vinika, S.Pd.
XI IPS
20
Edi saputra, S.Pd.
XI IPA
44
Aziz Safrudin, S.Pd.I.
XII IPA/IPS
21
Dhani Umi L. S.P.
X/XI IPA/IPS
45
Ika R.N., S.Pd.
X/XII IPS
22
Jakiyatul M. S.Pd.
X/XI IPA/IPS
46
Drs. Usman Kolip
XI IPS/XII IPS
23
Iip Laitipah, S.Pd.
X
47
Gunawan J. S.Pd.
X/XI IPA/IPS
24
Hj.Sri R.W,S.Sos,M.A.
XII IPA/IPS





9.Hasil Analis Data
Data yang telah masuk dianalisis. Hasil analisis data tarsebut dibagi dua kategori. Pertama,  termasuk data pendidik yang terfavorit. Kedua, data yang termasuk pendidik yang berkategori terdisiplin. Hasil analisis tersebut di bawah ini.

9.1Pendidik Difavoriti atau Digandrungi Peserta Didik
NO
PENDIDIK
NILAI
PERSEN
NO
PENDIDIK
NILAI
PERSEN
1
Dhani Umi L. S.P.
37
15,7
18
Dra. Endang U.I
4
1,7
2
Ika R.N., S.Pd.
31
13,1
19
Abud Halba, S.Pd.
4
1,7
3
Drs. Usman Kolip
21
8,9
20
Wawan S.A.S.Pd.
4
1,7
4
Drs.Haryanto
18
7,6
21
Rina Rahayu, S.Pd.
3
1,8
5
Edi saputra, S.Pd.
10
4,3
22
Rizal B. S.Pd. Mat.
2
0,9
6
S. Qoriah, S.Pd.I
10
4,3
23
Kusbariah, S.Pd.
2
0,9
7
Gunawan J. S.Pd.
10
4,3
24
Joko B.S. S.Pd.M.A
2
0,9
8
Yanti S. S.Pd.
9
3,8
25
Fitri Sulastri, S.Pd.
2
0,9
9
Drs. Tobsin
8
3,4
26
Setyo Adisapto, S.Pd.
1
0,4
10
Drs. Sufana
8
3,4
27
Dra. Hj.Tuty K.M.Pd.
1
0,4
11
Jakiyatul M. S.Pd.
8
3,4
28
Rd. Bambang PT S.Pd. M.Si.
1
0,4
12
Holisah, S.Ag.
7
3
29
Iip Laitipah, S.Pd.
1
0,4
13
Deden M.H. S.Pd.I
7
3
30
Aplani, S.Ag
1
0,4
14
Ato Sudiarto, S.Pd.
7
3
31
Happy S., S.T.
1
0,4
15
Kaminah, S.Pd.
5
2,1
32
Nita Vinika, S.Pd.
1
0,4
16
Indriyati, S.Si.
5
2,1
33
Dra. Sri Winarsih
1
0,4
17
Narwidi,S.Pd.,M.A.
4
1,7
34




dari tabel di atas dapat kita ketaui bahwa dari jumlah pendidik sebanyak 47 orang yan difavoriti atau digandrungi peserta baru 33 pendidik. Bagi pendidik yang belum digandrungi peserta didik dapat kemungkinan pendidik yang mengajar di kelas XII karena peserta didik tersebut tidak termasuk responden dan atau dimungkinkan karena prediksi yang lain.

9.2  Pendidik Disiplin di Mata Peserta Didik
NO
PENDIDIK
NILAI
PERSEN
NO
PENDIDIK
NILAI
PERSEN
1
Dhani Umi L. S.P.
34
14,4
12
Ika R.N., S.Pd.
5
2,1
2
Edi saputra, S.Pd.
28
11,9
13
S. Qoriah, S.Pd.I
4
1,7
3
Drs. Tobsin
23
9,8
14
Rina Rahayu, S.Pd.
3
1,3
4
Yanti S. S.Pd.
23
9,8
15
Drs. Usman Kolip
3
1,3
5
Indriyati, S.Si.
20
8,5
16
Kaminah, S.Pd.
2
0,9
6
Ato Sudiarto, S.Pd.
11
4,7
17
Deden M.H. S.Pd.I
2
0,9
7
Abud Halba, S.Pd.
10
4,3
18
Nita Vinika, S.Pd.
2
0,9
8
Setyo Adisapto, S.Pd.
9
3,8
19
Gunawan J. S.Pd.
2
0,9
9
Drs. Sufana
7
3
20
Kusbariah, S.Pd.
1
0,4
10
Drs.Haryanto
6
2,5
21
Saefudin Z. S.Pd.
1
0,4
11
Jakiyatul M. S.Pd.
5
2,1
22
Happy S., S.T.
1
0,4

Dari tabel di atas tampak terlihat masih  begitu berat pendidik untuk mengejawantahkan kedisiplinan di hadapan siswa. Dari 47 pendidik, baru 22 orang yang dapat diejawantahkan kedisiplinannya. Hal ini, berarti baru 46,8 % yang dapat mewujudkannya. Akan tetapi, mungkin pula bagi pendidik yang mengajar di kelas XII belum diketahui di mata peserta didik atau mungkin karena prediksi lain.

10. Penghargaan Sekolah
Kepala sekolah dalam rangka hari pendidikan nasional tahun 2014 berusaha memberikan penghargaan bagi pendidik yang paling favorit dan terdisiplin dalam penilain tersebut. Walaupun indikator kefavoritan dan kedisiplinan pendidik itu barbagai aspek. Namun, dalam penilaian kali ini adalah berdasarkan jajak pendapat peserta didik. Hasil penilaian tersebut seperti peringkat di bawah ini.

10.1 Pendidik Terfavorit
NO
NAMA
NILAI DATA
PERSENTASI
PERINGKAT
1
Dhani Umi L. S.P.
37
15,7
I

10.2 Pendidik Terdisiplin
NO
NAMA
NILAI DATA
PERSENTASI
PERINGKAT
1
Dhani Umi L. S.P.
34
14,4
1
2
Edi saputra, S.Pd.
28
11,9
2
3
Drs. Tobsin
23
9,8
3.1
4
Yanti S. S.Pd.
23
9,8
3.2


11. Penutup
Jajak pendapat peserta didik terhadap pendidik yang favorit dan disiplin dalam melakukan proses belajar mengajar di kelas SMA Negeri 1 Jatibarang berhasil dilakukan. Responden yang dimintai pendapat adalah kelas X dan XI program IPA maupun IPS dengan metode kuis menyebut satu nama pendidik bagi peserta didik yang terfavorit dan terdisiplin. Terjaring satu pendidik terfavorit dan empat pendidik terdisiplin. Penilaian dan penghargaan bagi pendidik dalam rangka hari pendidikan nasional ini adalah langkah awal demi memotivasi kinerja pendidik dalam dunia pendidikan .

Sebagai saran diharapkan penilaian semacam ini kiranya dihadiri peserta didik yang lengkap dari kelas X, XI, dan XII agar masukan data kian sempurna dan menghindari efek negatif yang tidak diharapkan.




Jatibarang , 5 Mei 2014


  Drs. Saepudin, M.A.