LAPORAN
PEMILIHN GURU TERFAVORIT DAN TERDISIPLIN
SMA
NEGERI 1 JATIBARANG
TAHUN
2014
1. Pendahuluan
Upaya
pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia berbagai segi
dilakukan. Delapan standar pendidikan indikasi upaya peningkatan tersebut.
Standar pendidikan yang mengangkat kegiatan belajar dan mengajar adalan standar
proses pendidikan yang diatur oleh Permendikbud RI nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Proses
Pembelajaran pada satuan pendidikan
diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta
psikologis peserta didik. Untuk itu, setiap
satuan pendidikan, terutama pendidik, melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan
proses pembelajaran serta penilaian
proses pembelajaran untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan.
Hal
demikian peran pendidik dituntut untuk berperan lebih. Oleh karena itu,
pemerintah memberikan stimulus dan
memotivasi agar pendidik berkinerja lebih optimal dengan memberikan tunjangan
sertifikasi pendidik. Demikian pula, salah satu alasan dilaksanakan pemilihan
guru terfavorit dan terdisiplin di lingkungan SMA Negeri 1 Jatibarang tahun
2014 yang dikaitkan dengan hari pendidikan nasional (Hardiknas).
2. Landasan kegiatan
Kegiatan
pemilihan guru terfavorit dan terdisiplin adalah berlandaskan pada.
1.
Undang-Undang
RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
Pasal 4, ayat 4 “ pendidikan
diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan
mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran.”
2.
Permendikbud
RI nomor 65 tahun 2013 tentang
Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Prinsip pembelajaran yang
digunakan, “Pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan
memberi keteladanan (ing
ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani) “ dan “pembelajaran yang menerapkan prinsip
bahwa siapa saja adalah guru,
siapa saja adalah siswa, dan di mana saja adalah kelas.”
3.
Surat Keputusan Kepala SMA Negeri 1
Jatibarang nomor 001/421.3/SMA.06/2014 tentang Pembagiatan Tugas Tenaga
Pendidik dan Kependidikan pada Proses Belajar Mengajar Semester 2 Tahun
Pelajaran 2013/2014.
4.
Instruksi dan arahan Kepala SMA Negeri 1
Jatibarang pada hari Jumat, 2 Mei 2014 di ruang kepala sekolah.
3.
Tujuan
Kegiatan pemilihan guru
terfavorit dan terdisiplin di lingkungan SMA Negeri 1 Jatibarang bertujuan:
1.
Manajer
atau leader SMA Negeri 1 Jatibarang dapat mengetahui seberapa besar aplikasi
kinerja guru sesuai dengan Surat Keputusan Kepala SMA Negeri 1 Jatibarang nomor
001/421.3/SMA.06/2014 tentang Pembagiatan Tugas Tenaga Pendidik dan
Kependidikan pada Proses Belajar Mengajar Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014
2.
Agar
pendidik mengetahui efek kinerja pembelajaran yang disampaikan kepada peserta
didik berdasarkan sudut pandang peserta didik.
3.
Menata
strategi pembelajaran yang tepat setiap kali melakukan presentasi pembelajaran
untuk masa kini ataupun mendatang.
4. Nama Kegiatan
Kegiatan
yang dilakukan oleh tim kecil ini diberi nama “Pemilihan Guru Terfavorit dan
Terdisiplin” yang dikaitkan dengan Hari Jadi Jendidikan Nasional (Hardiknas)
tahun 2014 di wilayah lingkungan SMA Negeri 1 Jatibarang.
5. Waktu dan
Tempat
Kegiatan
ini bersifat insidental dan disesuaikan dengan kebutuhan. Waktu pelaksanaan
secara singkat dan proses awalnya dirahasiakan bagi segenap pendidika.
Pengambilan data melalui jajak pendapat peserta didik pada hari Sabtu tanggal 3
Mei 2014 di kelas peserta didik masing-masing. Pengambilan data secara
objektif, tidak ada pengarahan ataupun intimidasi terhadap peserta didik.
Sekali pun pendidik tersebut wali kelas atau jabatan yang melekat apa pun. H’asil
pemilihan pendidik ini diumumkan pada hari Senin dalam upacara Hardiknas
sekolah pada tanggal 5 Mei 2014 di Lapnagan Upacara SMA Negeri 1 Jatibarang
6. Struktur Tim
Tim
kecil ini dibentuk menggunakan pendidik
yang sepuh. Struktur tim tersebut sebagai berikut.
1.
Drs.
H. Imawan Budi Rachmana
2.
Drs.
Safrudin, M.A.
3.
Drs.
Saepudin, M.A.
7. Responden
(peserta didik)
Data
terkumpul melalui responden dari kelas X dan kelas XI IPA / IPS dengan jumlah
di bawah ini.
NO
|
RESPONDEN/
SIAWA KELAS
|
JUMLAH
|
KETERANGAN
|
1
|
X.1
|
18
|
|
2
|
X.2
|
22
|
|
3
|
X.3
|
19
|
|
4
|
X.4
|
22
|
|
5
|
X.5
|
19
|
|
6
|
X.6
|
20
|
|
7
|
XI
IPA.1
|
24
|
|
8
|
XI
IPA.2
|
22
|
|
9
|
XI
IPA.3
|
22
|
|
10
|
XI
IPS.1
|
24
|
|
11
|
XI
IPS.2
|
15
|
|
12
|
XI
IPS.3
|
9
|
|
Jumlah
|
236
|
8. Objek
Penilaian (pendidik)
Objek
yang dijadikan penilaian oleh peserta didik adalah sebagai berikut.
NO
|
PENDIDIK
|
MENGAJAR
KELAS
|
NO
|
PENDIDIK
|
MENGAJAR
KELAS
|
1
|
Setyo
Adisapto, S.Pd.
|
X
|
25
|
Drs.
Sufana
|
X/XI
IPS
|
2
|
Dra.
Hj.Tuty K.M.Pd.
|
X
|
26
|
Aplani,
S.Ag
|
X
|
3
|
Drs.Saepudin,
M.A.
|
XII
IPA/IPS
|
27
|
Holisah,
S.Ag.
|
X/XI
IPA
|
4
|
Drs.H.Imawan
B.R.
|
XII
IPA
|
28
|
Saefudin
Z. S.Pd.
|
XII
IPA/IPS
|
5
|
Drs.
Tobsin
|
X
|
29
|
Kaminah,
S.Pd.
|
X/XI/XII
IPS
|
6
|
Drs.Wahyu
B.,M.A.
|
XI/XII
IPS/IPS
|
30
|
Deden
M.H. S.Pd.I
|
X/XII
IPA
|
7
|
Rizal
B. S.Pd. Mat.
|
XII
IPA/IPS
|
31
|
S.
Qoriah, S.Pd.I
|
X
|
8
|
Narwidi,S.Pd.,M.A.
|
XI
IPA
|
32
|
Mira
Yuliantini, S.P.
|
XII
IPA
|
9
|
Drs.
Safrudin, M.A.
|
XII
IPS
|
33
|
Yanti
S. S.Pd.
|
X
|
10
|
Kusbariah,
S.Pd.
|
X/XII
IPA
|
34
|
Dra.
Hj. Turini
|
XI
|
11
|
Siti
Sofia, S.Pd.
|
XII
IPA/IPS
|
35
|
Rina
Rahayu, S.Pd.
|
X/XII
IPA/IPS
|
12
|
Kalsan,
S.Ag.
|
XII
IPA/IPS
|
36
|
Dra.
Sri Winarsih
|
-
|
13
|
Drs.Haryanto
|
X
|
37
|
Susi
S. S.Pd.I.
|
X
|
14
|
Rd.
Bambang PT S.Pd. M.Si.
|
X/XI
IPA/IPS
|
38
|
Wawan
S.A.S.Pd.
|
XI
IPS
|
15
|
Dra.
Endang U.I
|
XI
IPA/IPS
|
39
|
Ato
Sudiarto, S.Pd.
|
XI
IPA/IPS
|
16
|
Joko
B.S. S.Pd. M.A.
|
X/XI
IPA/IPS
|
40
|
Eka
Sriyanti, s.Pd.
|
XI
IPA/IPS
|
17
|
Remawati,
S.Pd.
|
XII
IPA/IPS
|
41
|
Indriyati,
S.Si.
|
X
|
18
|
Abud
Halba, S.Pd.
|
X/XI
IPA/IPS
|
42
|
Happy
S., S.T.
|
XI/XII
IPA/IPS
|
19
|
Fitri
Sulastri, S.Pd.
|
XI
IPA XII IPS
|
43
|
Nita
Vinika, S.Pd.
|
XI
IPS
|
20
|
Edi
saputra, S.Pd.
|
XI
IPA
|
44
|
Aziz
Safrudin, S.Pd.I.
|
XII
IPA/IPS
|
21
|
Dhani
Umi L. S.P.
|
X/XI
IPA/IPS
|
45
|
Ika
R.N., S.Pd.
|
X/XII
IPS
|
22
|
Jakiyatul
M. S.Pd.
|
X/XI
IPA/IPS
|
46
|
Drs.
Usman Kolip
|
XI
IPS/XII IPS
|
23
|
Iip
Laitipah, S.Pd.
|
X
|
47
|
Gunawan
J. S.Pd.
|
X/XI
IPA/IPS
|
24
|
Hj.Sri
R.W,S.Sos,M.A.
|
XII
IPA/IPS
|
9.Hasil Analis
Data
Data
yang telah masuk dianalisis. Hasil analisis data tarsebut dibagi dua kategori.
Pertama, termasuk data pendidik yang
terfavorit. Kedua, data yang termasuk pendidik yang berkategori terdisiplin.
Hasil analisis tersebut di bawah ini.
9.1Pendidik Difavoriti atau Digandrungi
Peserta Didik
NO
|
PENDIDIK
|
NILAI
|
PERSEN
|
NO
|
PENDIDIK
|
NILAI
|
PERSEN
|
1
|
Dhani Umi L. S.P.
|
37
|
15,7
|
18
|
Dra. Endang U.I
|
4
|
1,7
|
2
|
Ika R.N., S.Pd.
|
31
|
13,1
|
19
|
Abud Halba, S.Pd.
|
4
|
1,7
|
3
|
Drs. Usman Kolip
|
21
|
8,9
|
20
|
Wawan S.A.S.Pd.
|
4
|
1,7
|
4
|
Drs.Haryanto
|
18
|
7,6
|
21
|
Rina Rahayu, S.Pd.
|
3
|
1,8
|
5
|
Edi saputra, S.Pd.
|
10
|
4,3
|
22
|
Rizal B. S.Pd. Mat.
|
2
|
0,9
|
6
|
S. Qoriah, S.Pd.I
|
10
|
4,3
|
23
|
Kusbariah, S.Pd.
|
2
|
0,9
|
7
|
Gunawan J. S.Pd.
|
10
|
4,3
|
24
|
Joko B.S. S.Pd.M.A
|
2
|
0,9
|
8
|
Yanti S. S.Pd.
|
9
|
3,8
|
25
|
Fitri Sulastri, S.Pd.
|
2
|
0,9
|
9
|
Drs. Tobsin
|
8
|
3,4
|
26
|
Setyo Adisapto, S.Pd.
|
1
|
0,4
|
10
|
Drs. Sufana
|
8
|
3,4
|
27
|
Dra. Hj.Tuty K.M.Pd.
|
1
|
0,4
|
11
|
Jakiyatul M. S.Pd.
|
8
|
3,4
|
28
|
Rd. Bambang PT S.Pd. M.Si.
|
1
|
0,4
|
12
|
Holisah, S.Ag.
|
7
|
3
|
29
|
Iip Laitipah, S.Pd.
|
1
|
0,4
|
13
|
Deden M.H. S.Pd.I
|
7
|
3
|
30
|
Aplani, S.Ag
|
1
|
0,4
|
14
|
Ato Sudiarto, S.Pd.
|
7
|
3
|
31
|
Happy S., S.T.
|
1
|
0,4
|
15
|
Kaminah, S.Pd.
|
5
|
2,1
|
32
|
Nita Vinika, S.Pd.
|
1
|
0,4
|
16
|
Indriyati, S.Si.
|
5
|
2,1
|
33
|
Dra. Sri Winarsih
|
1
|
0,4
|
17
|
Narwidi,S.Pd.,M.A.
|
4
|
1,7
|
34
|
dari
tabel di atas dapat kita ketaui bahwa dari jumlah pendidik sebanyak 47 orang
yan difavoriti atau digandrungi peserta baru 33 pendidik. Bagi pendidik yang
belum digandrungi peserta didik dapat kemungkinan pendidik yang mengajar di
kelas XII karena peserta didik tersebut tidak termasuk responden dan atau
dimungkinkan karena prediksi yang lain.
9.2
Pendidik
Disiplin di Mata Peserta Didik
NO
|
PENDIDIK
|
NILAI
|
PERSEN
|
NO
|
PENDIDIK
|
NILAI
|
PERSEN
|
1
|
Dhani Umi L. S.P.
|
34
|
14,4
|
12
|
Ika R.N., S.Pd.
|
5
|
2,1
|
2
|
Edi saputra, S.Pd.
|
28
|
11,9
|
13
|
S. Qoriah, S.Pd.I
|
4
|
1,7
|
3
|
Drs. Tobsin
|
23
|
9,8
|
14
|
Rina Rahayu, S.Pd.
|
3
|
1,3
|
4
|
Yanti S. S.Pd.
|
23
|
9,8
|
15
|
Drs. Usman Kolip
|
3
|
1,3
|
5
|
Indriyati, S.Si.
|
20
|
8,5
|
16
|
Kaminah, S.Pd.
|
2
|
0,9
|
6
|
Ato Sudiarto, S.Pd.
|
11
|
4,7
|
17
|
Deden M.H. S.Pd.I
|
2
|
0,9
|
7
|
Abud Halba, S.Pd.
|
10
|
4,3
|
18
|
Nita Vinika, S.Pd.
|
2
|
0,9
|
8
|
Setyo Adisapto, S.Pd.
|
9
|
3,8
|
19
|
Gunawan J. S.Pd.
|
2
|
0,9
|
9
|
Drs. Sufana
|
7
|
3
|
20
|
Kusbariah, S.Pd.
|
1
|
0,4
|
10
|
Drs.Haryanto
|
6
|
2,5
|
21
|
Saefudin Z. S.Pd.
|
1
|
0,4
|
11
|
Jakiyatul M. S.Pd.
|
5
|
2,1
|
22
|
Happy S., S.T.
|
1
|
0,4
|
Dari tabel di atas tampak
terlihat masih begitu berat pendidik
untuk mengejawantahkan kedisiplinan di hadapan siswa. Dari 47 pendidik, baru 22
orang yang dapat diejawantahkan kedisiplinannya. Hal ini, berarti baru 46,8 %
yang dapat mewujudkannya. Akan tetapi, mungkin pula bagi pendidik yang mengajar
di kelas XII belum diketahui di mata peserta didik atau mungkin karena prediksi
lain.
10.
Penghargaan Sekolah
Kepala sekolah dalam rangka hari
pendidikan nasional tahun 2014 berusaha memberikan penghargaan bagi pendidik
yang paling favorit dan terdisiplin dalam penilain tersebut. Walaupun indikator
kefavoritan dan kedisiplinan pendidik itu barbagai aspek. Namun, dalam
penilaian kali ini adalah berdasarkan jajak pendapat peserta didik. Hasil
penilaian tersebut seperti peringkat di bawah ini.
10.1 Pendidik Terfavorit
NO
|
NAMA
|
NILAI DATA
|
PERSENTASI
|
PERINGKAT
|
1
|
Dhani
Umi L. S.P.
|
37
|
15,7
|
I
|
10.2 Pendidik Terdisiplin
NO
|
NAMA
|
NILAI DATA
|
PERSENTASI
|
PERINGKAT
|
1
|
Dhani Umi L. S.P.
|
34
|
14,4
|
1
|
2
|
Edi saputra, S.Pd.
|
28
|
11,9
|
2
|
3
|
Drs. Tobsin
|
23
|
9,8
|
3.1
|
4
|
Yanti S. S.Pd.
|
23
|
9,8
|
3.2
|
11.
Penutup
Jajak pendapat peserta didik
terhadap pendidik yang favorit dan disiplin dalam melakukan proses belajar
mengajar di kelas SMA Negeri 1 Jatibarang berhasil dilakukan. Responden yang dimintai
pendapat adalah kelas X dan XI program IPA maupun IPS dengan metode kuis
menyebut satu nama pendidik bagi peserta didik yang terfavorit dan terdisiplin.
Terjaring satu pendidik terfavorit dan empat pendidik terdisiplin. Penilaian
dan penghargaan bagi pendidik dalam rangka hari pendidikan nasional ini adalah
langkah awal demi memotivasi kinerja pendidik dalam dunia pendidikan .
Sebagai saran diharapkan
penilaian semacam ini kiranya dihadiri peserta didik yang lengkap dari kelas X,
XI, dan XII agar masukan data kian sempurna dan menghindari efek negatif yang
tidak diharapkan.
Jatibarang
, 5 Mei 2014
Drs. Saepudin, M.A.